Efektifitas penerapan metode Reading Aloud dan metode Flash Card terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis materi pokok menghafal arti Surah An Nasr dan Al Kaustar kelas IV MI Silahul Ulum Trangkil Pati tahun ajaran 2013/2014.

Hanik, Umi (2014) Efektifitas penerapan metode Reading Aloud dan metode Flash Card terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis materi pokok menghafal arti Surah An Nasr dan Al Kaustar kelas IV MI Silahul Ulum Trangkil Pati tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 093911073.pdf]
Preview
Text
093911073.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode reading aloud dan flash card terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi pokok menghafal arti surah an-Nasr dan al-Kaustar di MI Silahul Ulum Trangkil Pati Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ada 60 peserta didik, yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama (eksperimen) peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode reading aloud dan flash card sedangkan kelompok kedua (kontrol) menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan data tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode reading aloud dan flash card, sedangkan data observasi dan data dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, yang dilakukan untuk membandingkan hasil pre-test dan post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sedangkan hasil t-test, dihasilkan bahwa thitung=5,42 Sedangkan = 1,67 dengan taraf nyata 5% karena thitung< maka data tersebut dinyatakan signifikan. Sedangkan hasil perhitungan analisis keefektifan menunjukkan bahwa metode reading aloud dan flash card lebih efektif daripada metode konvensional. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,86 yang mempunyai kriteria efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional 67,93 yang mempunyai kriteria cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan metode reading aloud dan flash card berpengaruh terhadap efektifitas hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, Flash Card, menghafal, Surah An-Nasr, Surah Al-Kaustar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:48
Last Modified: 19 Feb 2022 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics