Studi komparasi konsep pendidikan anak Menurut TM. Hasbi Ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab ditinjau dari tujuan pendidikan Islam
Ridlwan, Ach. Taufiqur (2009) Studi komparasi konsep pendidikan anak Menurut TM. Hasbi Ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab ditinjau dari tujuan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3102118 _ pdf Lengkap.pdf - Accepted Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Ach. Taufiqur Ridlwan (NIM: 3102118). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Anak Menurut TM. Hasbi ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab Ditinjau Dari Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah konsep pendidikan anak menurut TM. Hasbi ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab; (2) Bagaimanakah kelebihan dan kelemahan pendapat TM. Hasbi ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab tentang konsep mendidik anak ditinjau dari tujuan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Data primer yaitu buku TM. Hasbi ash Shiddieqy, al-Islam 2, dan M. Quraish Shihab, Secercah Cahaya Ilahi. Sedangkan data skundernya yaitu informasi yang berkaitan dengan objek penelitian yang disampaikan orang lain. Data yang dimaksud yaitu yang relevan dengan tema skripsi ini, di antaranya: kitab/buku-buku, skripsi, tesis, buletin/jurnal dan lain-lain. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi atau studi dokumentar. Dalam membahas dan menelaah data, peneliti menggunakan metode content analysis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1). Menseleksi teks yang akan diselidiki, (2). Menyusun item-item yang spesifik tentang isi dan bahasa yang akan diselidiki sebagai alat (tool) pengumpul data, (3). Melaksanakan penelitian, (4). Mengetengahkan kesimpulan sebagai hasil analisis kualitatif. Hal ini dilakukan untuk mengungkapkan isi sebuah buku baik dari adanya konsep-konsep yang penyusunan kalimat menurut pola yang sama, kelemahan pola-pola pikir yang sama dan menyajikan bahan ilustrasi dan lain-lain, hal ini tentunya sangat berguna bagi pengembangan penulisan penelitian di masa yang akan datang sesuai dengan perkembangan masyarakat yang memerlukan.
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pendapat TM. Hasbi ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab memiliki kelebihan dan kelemahan serta persamaan dan perbedaan. Terlepas dari kelebihan dan kelemahan kedua tokoh ini, namun inti yang utama bahwa kedua tokoh ini sependapat dalam mendidik anak harus memperhatikan dan menanamkan dua hal yaitu: (1). Pendidikan agama, (2). Pentingnya peranan orang tua. Apabila memperhatikan konsep pendidikan anak yang dikemukakan kedua tokoh ini, maka tujuan konsepnya yaitu, (1). Agar anak memiliki kemampuan mengembangkan potensi diri, bermanfaat untuk orang lain dan masyarakat, (2). Membangun anak yang berakhlak al-karimah, (3). Membangun anak yang cerdas dalam iman dan taqwa. Berdasarkan pengertian tersebut, maka konsep pendidikan anak dari TM. Hasbi ash Shiddieqy dan M. Quraish Shihab sesuai dengan tujuan pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.; Dra. Siti Mariam, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan anak; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 May 2016 07:04 |
Last Modified: | 30 May 2016 07:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5387 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year