Pengaruh persepsi siswa tentang keberagamaan guru aqidah akhlaq terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Budi, Arif Setya (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang keberagamaan guru aqidah akhlaq terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111015.pdf]
Preview
Text
103111015.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya (1) Ingin mengetahui persepsi siswa kelas VI tentang keberagamaan guru aqidah akhlaq di MI Nashrul Fajar. (2) Ingin mengetahui minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar. (3) Ingin mengetahui apakah keberagamaan guru aqidah akhlaq mempunyai pengaruh terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian sebanyak 78 responden, yang terdiri atas kelas VI A, VI B, dan VI C di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mencari data Persepsi siswa tentang keberagamaan guru (X), dan minat belajar siswa (Y), dan informasi dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang gambaran umum sekolah.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang keberagamaan guru Aqidah Akhlaq kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang mempunyai nilai rata–rata yaitu X = 72 dengan simpangan baku yaitu SD = 2,18. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keberagamaan guru akidah akhlaq kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang termasuk dalam kategori “cukup baik”, yaitu berada pada interval nilai 71-73. (2) Minat belajar siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran aqidah akhlaq mempunyai nilai rata – rata yaitu Y = 71 dengan simpangan baku yaitu SD = 2,37. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang 2013/2014 pada mata pelajaran aqidah akhlaq termasuk dalam kategori “cukup baik”, yaitu berada pada interval nilai 71 – 72. (3) keberagamaan guru aqidah akhlaq (X) mempunyai pengaruh terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul fajar Meteseh Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014 (Y), dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 44,998 + 0,361 X, dan hasil varians garis regresi Fhitung = 9,441 > Ftabel ( 0,05 ; 1, 76) = 3,96 berarti signifikan, dan Fhitung = 9,441 > Ftabel ( 0,01 ; 1, 76) = 6,96 berarti signifikan.
Adapun sumbangan yang diberikan oleh variabel (X) Persepsi Siswa Tentang Keberagamaan guru Aqidah Akhlaq Terhadap variabel (Y) Minat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas VI sebesar 11,049 %. Sedangkan 88,951% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya perhatian guru, perhatian orang tua, teman belajar, metode yang digunakan dalam pembelajaran dan lain sebagainya.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel X dan Y pada taraf signifikansi 1% dan 5%, keduanya menunjukan arah yang signifikan, hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara Persepsi Siswa tentang keberagamaan Guru Aqidah Akhlaq Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Abdul Rahman, Muntholi’ah
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan guru, aqidah akhlaq, minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:52
Last Modified: 13 Apr 2016 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics