Studi korelasi persepsi tentang akidah akhlak dan minat belajar dengan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang tahun ajaran 2013/2014

Rokhimin, Mukhammad (2014) Studi korelasi persepsi tentang akidah akhlak dan minat belajar dengan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111074.pdf]
Preview
Text
103111074.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Studi korelasi persepsi tentang akidah akhlak dan minat belajar dengan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah Hubungan Positif Persepsi tentang Akidah Akhlak (X1) terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX (Y) MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Adakah Hubungan Positif Minat Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX (Y) MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014? (3) Adakah Hubungan Positif Persepsi tentang Akidah Akhlak (X1) dan Minat Belajar (X2) Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX (Y) MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Subjek penelitian sebanyak 64 responden, yang diambil dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan metode angket digunakan untuk memperoleh data variabel X1 dan X2. Sedangkan variabel Y menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada Hubungan Positif Persepsi tentang Akidah Akhlak dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresinya adalah Ŷ = 67,164 + 0,166X1. Dimana hasil Freg = 9,182 lebih besar dari Ftabel yaitu F0,01(1:62) = 7,04 dan F0,05(1:62) = 3,99 berarti signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima. (2) Ada Hubungan Positif Minat belajar dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresinya adalah Ŷ = 75,479 + 0,094X2. Dimana hasil Freg = 7,235 lebih besar dari Ftabel yaitu F0,01(1:62) = 7,04 dan F0,05(1:62) = 3,99 berarti signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima. (3) Ada Hubungan Positif Persepsi tentang Akidah Akhlak dan minat belajar dengan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs Syaroful Millah Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresinya adalah Y = 67,632 + 0,119X1 + 0,045X2. Dimana hasil Freg= 5,093 lebih besar dari Ftabel yaitu F0,01(2:61) = 4,95 dan F0,05(2:61) = 3,14 berarti signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima.
Hasil perhitungan kontriburi atau sumbangan relatif (SR) dapat diketahui bahwa prediktor X1 yaitu Persepsi tentang akidah akhlak mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) yang merupakan Prestasi belajar sebesar 38,58%. Sedangkan prediktor X2 yaitu Minat belajar mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) yang merupakan Prestasi belajar sebesar 13,62%. Perhitungan kontriburi atau sumbangan efektif (SE) dapat diketahui bahwa prediktor X1 yaitu Persepsi tentang akidah akhlak mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) yang merupakan Prestasi belajar sebesar 5,52%. Sedangkan prediktor X2 yaitu Minat belajar mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) yang merupakan Prestasi belajar sebesar 1,95%. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa prediktor X1 yaitu Persepsi tentang akidah akhlak memiliki kontribusi atau sumbangan yang lebih besar baik pada SR maupun SE dari pada prediktor X2 yaitu Minat belajar dalam menentukan besar atau tingginya variasi variabel kriterium Y yang merupakan Prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas IX MTs Syaroful Millah Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Ibnu Hadjar, Muntholi’ah
Uncontrolled Keywords: Akidah akhlak, minat belajar, prestasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:31
Last Modified: 18 Apr 2016 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics