Studi komparasi hasil belajar penggunaan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara tahun pelajaran 2011/2012
Laila, Kurnia (2013) Studi komparasi hasil belajar penggunaan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073811027_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (551kB) | Preview
073811027_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
073811027_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (289kB) | Preview
073811027_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
073811027_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
073811027_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
073811027_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (l) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Jigsaw dalam materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara, (3) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pada materi sistem gerak pada manusia dengan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Picture to Picture kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis uji t test "Pooled Varians" dengan sampel kecil. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, karena objek yang diteliti sangat luas sehingga pengambilan sampel dilakukan secara kelompok bukan secara individu, sehingga semua kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk digunakan sebagai sampel. Dari teknik pengambilan sampel yang digunakan, didapatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII F dengan jumlah siswa sebanyak 37 dan kelas VIII G dengan jumlah siswa 35. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perhitungan analisis uji t test "Pooled Varians".
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw memiliki rata-rata sebesar 64, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memiliki rata-rata sebesar 67.3. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji komparasi uji-t menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran Biologi materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal itu dibuktikan nilai signifikan sebesar 0.029 < 0.05 yang kemudian diuji menggunakan rumus ttest "Pooled Varians" menunjukkan bahwa nilai thitung (2,238) > ttabel (2,000) yang berarti bahwa Ho yang diajukan ditolak sedangkan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para pemikir pendidikan khususnya dalam bidang pendidikan dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Jigsaw; Metode Picture and Picture; Sistem Gerak; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 06:58 |
Last Modified: | 22 May 2021 03:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/544 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year