Studi komparasi hasil belajar penggunaan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara tahun pelajaran 2011/2012

Laila, Kurnia (2013) Studi komparasi hasil belajar penggunaan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 073811027_Coverdll.pdf]
Preview
Text
073811027_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 073811027_Bab1.pdf]
Preview
Text
073811027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 073811027_Bab2.pdf]
Preview
Text
073811027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 073811027_Bab3.pdf]
Preview
Text
073811027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 073811027_Bab4.pdf]
Preview
Text
073811027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 073811027_Bab5.pdf]
Preview
Text
073811027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 073811027_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073811027_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (l) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Jigsaw dalam materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam materi pokok sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara, (3) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pada materi sistem gerak pada manusia dengan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Picture to Picture kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis uji t test "Pooled Varians" dengan sampel kecil. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, karena objek yang diteliti sangat luas sehingga pengambilan sampel dilakukan secara kelompok bukan secara individu, sehingga semua kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk digunakan sebagai sampel. Dari teknik pengambilan sampel yang digunakan, didapatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII F dengan jumlah siswa sebanyak 37 dan kelas VIII G dengan jumlah siswa 35. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perhitungan analisis uji t test "Pooled Varians".
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw memiliki rata-rata sebesar 64, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memiliki rata-rata sebesar 67.3. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji komparasi uji-t menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran Biologi materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal itu dibuktikan nilai signifikan sebesar 0.029 < 0.05 yang kemudian diuji menggunakan rumus ttest "Pooled Varians" menunjukkan bahwa nilai thitung (2,238) > ttabel (2,000) yang berarti bahwa Ho yang diajukan ditolak sedangkan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para pemikir pendidikan khususnya dalam bidang pendidikan dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw; Metode Picture and Picture; Sistem Gerak; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:58
Last Modified: 22 May 2021 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics