Analisis strategi pemasaran pada produk Tamara (Tabungan Mandiri Sejahtera) di BMT el-Labana Semarang
Lestari, Tita (2015) Analisis strategi pemasaran pada produk Tamara (Tabungan Mandiri Sejahtera) di BMT el-Labana Semarang. Undergraduate (S1) thesis, universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
112411073.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
BMT El-Labana Semarang merupakan lembaga keuangan syari’ah yang berada di Semarang. BMT ini menyediakan pelayanan terhadap anggotanya dalam bentuk produk funding yang diperlukan untuk menyimpan dana dan produk lending yang diperlukan bagi anggota yang kekurangan dana. Diantara produk yang ditawarkan pihak BMT El-Labana Semarang, produk TAMARA yang paling diminati oleh anggota dikarenakan produk ini bisa diambil sewaktu-waktu. Sehingga perlu juga adanya strategi dalam pemasaran produk tersebut.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa model strategi pemasaran yang dilakukan BMT El-Labana Semarang. Penelitian dilakukan di BMT El-Labana Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pihak-pihak yang bersangkutan dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian, strategi pemasaran BMT El-Labana Semarang menggunakan konsep 4P, yaitu : Product (produk), BMT menawarkan produk TAMARA dengan jujur dan terhindar daei unsur gharar. Price (harga), setoran yang ditentukan pihak BMT tidak memberatkan anggota karena telah disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Place (tempat/saluran distribusi), tempat yang strategis dan nyaman sehingga petugas merasa leluasa dalam memberikan pelayanan kepada anggota maupun calon anggota. Promotion (promosi), cara ini dilakukan BMT untuk menawarkan produknya kepada anggota dengan melalui penjualan pribadi.
Sedangkan untuk model strategi pemasaran yang dilakukan BMT El-Labana Semarang yaitu dengan sistem jemput bola yang sangat memudahkan anggotanya, menjalin kerjasama dengan mitra-mitra baru dengan berdasarkan prinsip syari’ah, serta melalui media pemasaran seperti mencetak brosur, pengajian, bakti sosial, sosialisasi ke arisan Dasa Wisma.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Nur Fatoni, M. Ag.; H. Johan Arifin, S. Ag., MM. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Marketing Syari’ah; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 08:40 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 06:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5450 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year