Manajemen strategi pemasaran produk simpanan paket lebaran pada BMT Surya Sekawan Mandiri Boja

Najib, Noor Fahmi (2015) Manajemen strategi pemasaran produk simpanan paket lebaran pada BMT Surya Sekawan Mandiri Boja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411131.pdf]
Preview
Text
112411131.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan kepada BMT Surya Sekawan Mandiri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu menganalisis data yang sudah terkumpul untuk mengetahui strategi pemasaran dan analisis SWOT produk simpanan paket lebaran.
Hasil penelitian terhadap hasil penelitian yang telah dibahas mengenai analisis SWOT dan strategi pemasaran produk simpanan produk paket lebaran di BMT Surya Sekawan Mandiri Boja, yaitu:
1. Matriks SWOT BMT Surya Sekawan Mandiri:
a. Strategi SO
1) Mempertahankan ciri khas produk dengan berbasis ekonomi perbankan syariah.
2) Memperkuat image produk di masyarakat dengan menekankan prinsip ekonomi syariah.
3) Mempertahankan dan meningkatkan variasi produk dengan penerapan teknologi-teknologi terbaru.
4) Dengan mengoptimalkan tidak adanya produk simpanan Paket Lebaran di perbankan konvensional.
b. Strategi WO
1) Terbatasnya tenaga marketing bisa mengandalkan pengenalan produk melalui promosi atau dari mulut ke mulut antar nasabah.
2) Dengan memanfaatkan mayoritas masyarakat Boja yang beragama Islam untuk meningkatkan jumlah nasabah.
3) Melakukan sosialisasi tentang produk Simpanan Paket Lebaran yang berprinsip syariah sehingga nasabah dari non Islam pun bisa mengikutinya.
4) Meningkatkan fasilitas pendukung produk Simpanan Paket Lebaran sehingga dapat memudahkan akses bagi nasabah.
c. Strategi ST
1) Meningkatkan variasi produk Simpanan Paket Lebaran.
2) Lebih mengenalkan produk Simpanan Paket Lebaran kepada calon nasabah.
3) Mempertahankan ciri khas produk Simpanan Paket Lebaran dengan berbasis ekonomi.
d. Strategi WT
1) Menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efektif dan efisien dalam memasarkan produk Simpanan Paket Lebaran.
2) Meningkatkan berbagai macam jenis promosi di berbagai media, dari mulai brosur, spanduk, dan lain sebagainya.
3) Mengadakan suatu program yang dapat meningkatkan kinerja marketing dalam memasarkan produk Simpanan Paket Lebaran.
2. Dalam prakteknya BMT Surya Sekawan Mandiri mengimplementasikan strategi pemasaran produk simpanan paket lebaran dengan menggunakan segmenting, targetting, positioning untuk menganalisis strategi pemasaran agar lebih tepat sasaran dan untuk mengembangkan strategi pemasaran BMT Surya Sekawan Mandiri menggunakan konsep diferensiasi, bauran pemasaran (marketing mix) dan selling.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Mujiyono, M.A.; H. Ahmad Furqon, Lc., MA.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Apr 2016 07:56
Last Modified: 29 Jun 2021 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics