Pembiasaan shalat Dhuha dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang
Hana, Zumrotul (2016) Pembiasaan shalat Dhuha dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
111111071.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena masyarakat modern saat ini yang cenderung mengalami kegagalan saat membina hubungan dengan masyarakat padahal mereka memiliki nilai akademik yang cukup baik. Hal tersebut terjadi karena mereka hanya memiliki kemampuan intelektual saja, padahal terdapat kecerdasan lain yang diperlukan yaitu kecerdasan emosional. Oleh karena itu sekolah sebagai salah satu tempat siswa dalam menimba ilmu, juga memiliki peran terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswanya. Upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan mendekatkan siswa pada ajaran agama Islam, salah satunya adalah dengan membiasakan siswa melaksanakan shalat Dhuha, dimana shalat Dhuha juga memiliki berbagai manfaat bagi manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari metode pembiasaan shalat Dhuha yang diterapkan MTs NU Nurul Huda terhadap kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian field research, yaitu dengan mengambil data autentik secara objektif dari lapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu cara atau prosedur memecahkan masalah penelitian dengan memaparkan keadaan obyek yang diteliti sebagaimana adanya, yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari berbagai sumber yang berada di lapangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan shalat Dhuha yang diterapkan di MTs, dan dampak dari penerapan pembiasaan shalat Dhuha sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dari Milles and Huberman, dimana terdapat tiga langkah analisis data yaitu : Reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion data).
Adapun hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan shalat Dhuha di MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang berjalan sesuai dengan semestinya, yaitu dilaksanakan setiap hari selama hari aktif sekolah, pada hari Sabtu sampai hari Kamis. Setelah shalat Dhuha selesai diadakan kegiatan pembinaan berupa kuliah tujuh menit yang diberikan oleh guru piket. 2) Dampak dari pembiasaan shalat Dhuha sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Shalat Dhuha memiliki berbagai dampak positif bagi siswa, yaitu siswa akan merasa lebih tenang setelah melaksanakan shalat Dhuha, tidak pernah merasa sendiri karena sadar bahwa Allah SWT senantiasa bersama mereka, dan dapat berhubungan dengan orang lain dan belajar merasakan apa yang orang lain rasakan melalui kontak sosial dengan teman sebaya dan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shalat Dhuha; Kecerdasan emosional |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 17 Sep 2016 00:30 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5638 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year