Analisis Jenis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi
Syarifah, Laili (2012) Analisis Jenis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111077_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (769kB) | Preview
083111077_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
083111077_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
083111077_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
083111077_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
083111077_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
083111077_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Kajian ini dilatarbelakangi banyaknya bentuk dan ragam motivasi peserta didik dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan Bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu usaha untuk memperoleh data dengan menggunakan sumber kepustakaan. Dalam penelitian ini difokuskan pada motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara, sehingga dalam mencari data menggunakan metode dokumentasi, yaitu menjadikan catatan atau dokumen sebagai sumber data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan novel Negeri 5 Menara, metode analisis isi (content analysis) untuk mengungkapkan isi tentang motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara. Novel Negeri 5 Menara ditulis oleh A. Fuadi diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2010 terdiri dari 435 halaman.
Adapun motivasi belajar peserta didik yang tergambar dari novel Negeri 5 Menara adalah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dari Sahibul Menara yang bertujuan antara lain: 1. Berprestasi, 2. Berafiliasi, 3. Berkompetensi, 4. Berkekuasaan, dan 5. Beribadah, meliputi tiga hal penting yaitu: a. Menuntut ilmu agama karena ridha Allah, b. Berbakti kepada orang tua, c. Menjadi penghafal Al-Qur’an.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi dan masukan bagi peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah untuk lebih memperhatikan motivasi belajar peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Peserta Didik; Novel |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages > 895 Literatures of East and Southeast Asia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 08:00 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 01:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/585 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year