Hubungan nilai rata-rata ujian nasional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang
‘Alim, Kamaluddin (2016) Hubungan nilai rata-rata ujian nasional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (869kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (953kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (144kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Mahasiswa yang mendapat nilai rata-rata UN bagus belum tentu berpengaruh positif dengan prestasi belajarnya saat di Universitas. Terdapat beberapa mahasiswa yang rata- rata nilai UN-nya rendah tetapi saat di Universitas prestasi belajarnya (IPK) tinggi. Begitu pula sebaliknya, terdapat beberapa mahasiswa yang nilai rata-rata UN-nya tinggi tetapi prestasi belajarnya (IPK) di Universitas rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rata-rata nilai ujian nasional (UN) terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis korelasional, subyek penelitian sebanyak 57 responden dari mahasiswa Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang angkatan 2013. Pengumpulan data melalui dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment, pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara nilai rata-rata UN terhadap prestasi belajar (IPK) mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2013 yaitu sebesar 0,403, yang selanjutnya dikonsultasikan dengan r tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% ternyata hasil perhitungan (rxy) itu lebih kecil dari pada r tabel (0,345 dan 0,266) sehingga dapat diartikan bahwa pengujian ini dapat diterima dan signifikan..
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Wirda Udaibah, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Ujian Nasional; Prestasi belajar; Mahasiswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 08:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 08:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5878 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year