Penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan chemoentrepreunirship (CEP) pada materi pokok sistem koloid di MA Nurul Huda Semarang untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik

Nikmah, Nur Hidayatun (2016) Penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan chemoentrepreunirship (CEP) pada materi pokok sistem koloid di MA Nurul Huda Semarang untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113711032.pdf]
Preview
Text
113711032.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan chemoentrepreneurship (CEP) dalam meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 MA Nurul Huda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas peserta didik. Dari hasil penelitian, diperoleh rata-rata pada aspek kognitif sebesar 71,58 untuk siklus I dan 76,67 untuk siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 60,53% pada siklus I, 81,58% pada siklus II. Selain itu, rata-rata aspek afektif sebesar 60,95 pada siklus I dan 71,26 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesa 52,36% untuk siklus I dan 76,32% untuk siklus II, serta rata-rata aspek psikomotorik sebesar 65,87 pada siklus I dan 69,79 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 57,89% untuk siklus I, 78,95% untuk siklus II, sedangkan kreativitas mengalami peningkatan sebesar 23,68% dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,16% pada siklus I dan 86,84% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Wirda Udaibah, S. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; Sistem koloid; Hasil belajar; Kreativitas peserta didik; kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:34
Last Modified: 04 Oct 2016 00:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics