Pemikiran Pendidikan Sufistik KH. Habib Luţfi bin ‘Ali Yahya dan Respons Jama’ah Kanzus Şalawat di Pekalongan
Isbiq, Muhammad (2011) Pemikiran Pendidikan Sufistik KH. Habib Luţfi bin ‘Ali Yahya dan Respons Jama’ah Kanzus Şalawat di Pekalongan. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Isbiq_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version
Download (432kB) | Preview
Isbiq_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (841kB) | Preview
Isbiq_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (147kB) | Preview
Isbiq_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (160kB) | Preview
Isbiq_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Isbiq_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Isbiq_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (45kB) | Preview
Isbiq_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (51kB) | Preview
Abstract
KH. Habib Muhaammad Luţfi adalah Rais Am Thariqah Mu’tabarah An-Nahdliyyah dua periode (2000- sekarang) serta Ketua Umum MUI (2005-2010) merupakan ulama (tokoh agama) yang menekankan bahwa pendidikan sufistik merupakan pendidikan adab yang tidak terlepas dari sunnatun Nabi Muhammad saw.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memperoleh data maupun informasi yang mendalam dan komprehensif tentang pemikiran pendidikan sufistik KH. Habib Muhammad Luţfi bin ‘Ali Yahya dan respons jamaah Kanzus Şalawat di Pekalongan. Penelitian tesis ini difokuskan pada dua hal, yaitu: pertama, bagaimana latar belakang pemikiran pendidikan sufistik Habib Luţfi yang terfokus pada pendidikan sabar, zuhud, riða dan cinta Allah SWT; kedua, bagaimana respons jamaah Kanzus Şalawat terhadap pemikiran pendidikan sabar, zuhud, riða dan cinta Allah SWT yang merupakan inti dari pemikiran pendidikan sufistik Habib Luţfi .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan sufistik KH. Habib Muhammad Luţfi bin ‘Ali Yahya dipengaruhi oleh dua faktor; pertama, terletak pada pemikiran dan keinginannya untuk mempersatukan umat Islam dalam bingkai ukhuwah Islamiyah dengan memberikan pemahaman pendidikan sufistik, seperti pendidikan sabar, zuhud, riða dan cinta Allah SWT. Bagi Habib Luţfi, pendidikan sufistik yang mengedepankan kejernihan hati dan ajaran universal kemanusiaan akan mampu menjadi alternatif solusi berbagai problematikan umat Islam dunia. Kedua, perjalanan ilmiah Habib dari seorang murid thariqah beberapa ulama nasional maupun internasional sampai kemudian menjadi mursyid menjadikannya sebagai ulama yang menekankan bahwa pendidikan sufistik merupakan pendidikan adab yang tidak terlepas dari sunnatun Nabi Muhammad SAW.
Sedangkan Analisa data penelitian respons jamaah Kanzus Şalawat Pekalongan atas pemikiran pendidikan Habib Luţfi tentang pendidikan sabar, zuhud, riða dan cinta Allah SWT terlihat respons positif jamaah terhadap pemikiran pendidikan Habib, indikasinya mereka menganggap Habib sebagai figur Abah atau bapak sebagai konsultan spiritual dalam problematika kehidupan sehari-hari mereka. Para jamaah termotivasi untuk mengabdikan hidup mereka dengan beribadah menggapai cinta dan riða Allah SWT, disamping juga para jamaah mulai bersikap zahid dengan dorongan mengaplikasikan sikap sabar atas segala ketentuan dari Allah SWT. Wal hasil, tujuan dari aplikasi pendidikan sufistik untuk melatih diri ber-tazkiyatul qulub wa tazkiyatun nafus benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari para jama’ah.
Urgensi penelitian ini: pertama, karena pemikiran pendidikan sufistik mampu menyelesaikan berbagai problematika kehidupan manusia modern. Kedua, penelitian ini dapat dilanjutkan dengan fokus bahasan tentang pemikiran pendidikan sufistik dari para tokoh lainnya. Dengan cara itu maka khasanah pemikiran pendidikan sufistik di Indonesia akan semakin berkembang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Sufistik; Pendidikan Agama Islam; Islamic Education |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 17 Sep 2013 03:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2013 04:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/59 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year