Anggreavi, Sofia Sekar (2016) Efektivitas model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA materi pokok Trigonometri di SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123511072.pdf]
Preview
Text
123511072.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran Knisley terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta
didik kelas X SMA pada materi pokok trigonometri di SMA Negeri 8
Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Jenis eksperimen dalam
penelitian ini adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest-
Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Semarang yang akan mempelajari bab
trigonometri terlebih dahulu, yaitu kelas X.E, X.F, X.G, X.H, dan X.I.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling,
diperoleh kelas X.G sebagai kelompok eksperimen dan kelas X.I sebagai
kelompok kontrol yang masing-masing kelas memiliki jumlah peserta didik
sebanyak 30 anak untuk kelas X.G dan 28 anak untuk kelas X.I.
Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan
yang dihadapi oleh peserta didik kelas X pada materi trigonometri khususnya
materi aturan sinus dan aturan cosinus di SMA Negeri 8 Semarang.
Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti, penyebab rendahnya ratarata
nilai ulangan trigonometri adalah karena rendahnya pemahaman
matematis peserta didik terhadap materi trigonometri khususnya subbab
aturan sinus dan aturan cosinus. Peserta didik hanya menghafalkan saja
konsep materinya sehingga kemampuan pemahaman matematisnya tidak
terasah dengan baik.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode dokumentasi, pengamatan dan tes. Metode dokumentasi digunakan
untuk memperoleh data yang berkaitan dengan peserta didik kelas X SMA N
8 Semarang, berupa daftar nama peserta didik yang termasuk populasi dan
sampel, nilai ulangan harian semester genap tahun lalu. Serta, foto-foto
kegiatan pembelajaran ketika menggunakan model pembelajaran Knisley.
Metode pengamatan digunakan untuk mengamati tahapan model pembelajaran Knisley dan membandingkan dengan pembelajaran
konvensional. Terakhir metode tes digunakan untuk mengetahui efektivitas
model pembelajaran Knisley terhadap pemahaman matematis peserta didik
kelas X SMA N 8 Semarang.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji - t. Berdasarkan hasil
perhitungan diperoleh t (hitung) = 4,72 t (tabel) = 1,673. Karena t (hitung > t(tabel) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti nilai rata-rata pemahaman
matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Knisley
lebih tinggi dari pada nilai rata-rata peserta didik untuk kelas yang
menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh
dari nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 41,10 dan rata-rata posttest
kelas kontrol 28,30. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Knisley efektif
terhadap pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA pada materi
pokok trigonometri di SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Emy siswanah, S. Pd., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pemahaman matematis; Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:43
Last Modified: 06 Oct 2016 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics