Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PAI tentang Perilaku Terpuji Melalui Strategi Every One Is a Teacher Here (Studi Tindakan Pada Kelas XI RPL 1 SMK Negeri 4 Kendal Tahun Ajaran 2010/2011)
Nugroho, Mochtar (2010) Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PAI tentang Perilaku Terpuji Melalui Strategi Every One Is a Teacher Here (Studi Tindakan Pada Kelas XI RPL 1 SMK Negeri 4 Kendal Tahun Ajaran 2010/2011). Masters thesis, IAIN Walisongo.
MochtarNugroho_Tesis_Cover.pdf - Cover Image
Download (17kB) | Preview
MochtarNugroho_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (140kB) | Preview
MochtarNugroho_Tesis_Bab1.pdf
Download (40kB) | Preview
MochtarNugroho_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (117kB) | Preview
MochtarNugroho_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
MochtarNugroho_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
MochtarNugroho_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (11kB) | Preview
MochtarNugroho_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Salah satu cara yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran PAI di Kelas XI RPL 1 SMK Negeri 4 Kendal adalah strategi every one is a teacher here yang merupakan strategi tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Strategi ini juga memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi peserta didik lainnya. every one is a teacher here merupakan langkah cepat, menyenangkan, mendukung dan secara pribadi menarik hati, sehingga peserta didik tidak hanya terpaku di tempat duduk, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about and thinking hard)
Siswa tidak hanya aktif mendengar dan melihat permainan. Siswa terlibat sejak awal proses belajar mengajar sehingga siswa benar benar menjadi subjek bukan objek. Siswa mempunyai atau memiliki waktu sepenuhnya untuk belajar, berfikir dan berbicara.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus atau lebih dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan rtefleksi.
Hasil penenlitian menunujukkan 1) Strategi everyone is a teacher here pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa materi pokok perilaku terpuji kelas XI RPL 1 SMK Negeri 4 Kendal, hal ini terlihat peningkatan hasil test siswa pada tiap siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya ada 6 siswa atau 15,8 %, naik menjadi 10 siswa atau 26,3 %, naik lagi pada siklus II yaitu 17 siswa atau 44,8 % dan di akhir siklus III menjadi 34 siswa atau 89,5%. Kenaikan ini disebabkan karena perbaikan tindakan yagn dilakukan oleh guru pada tiap siklusnya. 2) Strategi every one is a teacher here pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok perilaku terpuji di Kelas XI RPL 1 SMK Negeri 4 Kendal, hal ini terlihat peningkatan keaktifan siswa pada tiap siklus dimana pada siklus pertama keaktifan siswa pada kategori baik dan baik sekali ada 9 siswa atau23,6 % naik menjadi 22 siswa atau 57,9 % dan di akhir siklus III menjadi 36 siswa atau 94,7 %. Ini menunjukkan kecenderungan peserta didik sudah aktif dalam proses pembelajaran, terbukti peserta didik aktif mendengarkan dengan seksama penjelasan guru, peserta didik aktif sekali dalam proses pembelajaran, peserta didik mempunyai antusias yang tinggi dalam menggali materi dan peserta didik ikut terlibat aktif dalam kerja kelompok ketika diberi motivasi tinggi oleh guru dalam setiap pembelajaran yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam; Everyone is a Teacher Here |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 09:15 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 09:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/592 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year