Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang 2015/2016

Wahyuni, Sri (2016) Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123811064.pdf]
Preview
Text
123811064.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan atau field Research. Teknik sampling menggunakan teknik Non Probability Sampling yaitu berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan angket yang menggunakan skala likert 1 sampai 5 untuk mendapatkan data variabel X yaitu kedisiplinan. Data variabel Y (prestasi belajar IPA terpadu) diambil dari nilai raport siswa semester gasal tahun ajaran 2015/2016.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis Regresi sederhana (Regresi Linier) dengan alat bantu olah data SPSS 16.0.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyyah dalam kategori cukup dengan hasil perhitungan rata-rata sebesar 81,29. Prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VII juga dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 76,2. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyyah (ɑ = 0,01). Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA terpadu siswa kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyyah sebesar 38,7% dan sisanya dipengaruhi oleh sebab-sebab yang lain.
Demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Hasil pengujian hipotesis variabel di atas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak (terutama bagi kepala sekolah dan guru) untuk lebih meningkatkan kedisiplinan kepada peserta didik di SMP Islam Roudlotus Saidiyyah, sehingga tujuan membentuk generasi penerus yang sesuai harapan dan cita-cita dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dian Triastari Armanda, M. Si.; Shofa Muthohar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 10 Oct 2016 00:41
Last Modified: 10 Oct 2016 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics