Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal
Wahyudi, Soim (2016) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (180kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (474kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (115kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (274kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (145kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pokok permasalahan yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal. Data diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Semua data yang diperoleh dipilih dan dikelompokan yang kemudian diuraikan dalam bentuk kata-kata untuk ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemnetasi pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Alam Auliya sudah baik. Implementasi pendidikan akhlak dimulai dari perencanaan yang meliputi perencanan kegiatan tahunan, perencanaan kegiatan semester, satuan kegiatan mingguan dan satuan kegiatan harian. Perencanaan kegiatan tahunan adalah program pembelajaran yang sudah ditetapkan dan disusun kemampuan keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan dicapai oleh anak didik dalam satu tahun. Perencanaan kegiatan semester adalah program pembelajaran yang berisi garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester. Satuan kegiatan mingguan adalah rencana kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan-kemampuan yang telah direncanakan dalam satu minggu. Sedangkan Perencanaan kegiatan harian merupakan penjabaran dari program mingguan. Metode-metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak adalah metode pembiasaan, keteladanan, cerita, demonstrasi dan bermain. Pendidik dituntut secara aktif mencontohkan akhlak secara nyata kepada siswa. Seperti akhlak berdoa, membiasakan mengucapkan dan menjawab salam dan membiasakan mengucapkan terimakasih apabila menerima sesuatu, bertutur kata yang baik kepada sesama baik yang seusia dan terlebih kepada yang lebih tua. Pelaksanaan pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal sudah cukup baik, karena dalam praktik di lapangan proses pembelajarannya sudah dilaksanakan dalam tempat-tempat belajar yang dilengkapi dengan media atau alat-alat edukatif yang dipersiapkan oleh guru. Evaluasi pendidikan di Sekolah Dasar Alam Auliya dilakukan setiap hari, yaitu dengan pengamatan atau observasi pada peserta didik, yaitu dengan mengamati tingkah laku peserta didik. Para guru juga melakukan evaluasi pada tahap penutup, yaitu melalui buku penghubung dengan penilaian dalam bentuk raport yang akan dibagikan tiga kali dalam satu semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; H. Mursid, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak; Sekolah alam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 05:54 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 05:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6011 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year