Peran pondok pesantren Al-Haidar dan pembinaan remaja Desa Penjalin Brangsong Kendal
Wibowo, Andi (2016) Peran pondok pesantren Al-Haidar dan pembinaan remaja Desa Penjalin Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113111036.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada era global saat ini terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat, khususnya kalangan remaja. Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak ditemukan tingkah laku remaja yang bertentangan dengan norma-norma ajaran agama Islam, seperti mabuk-mabukan, perkelahian, perkosaan, bahkan sudah ada yang menjurus kearah pembunuhan. Sehingga mengakibatkan para orang tua mengalami
kebingungan dalam mendidik anak-anaknya. Untuk mengantisipasi agar remaja tidak mudah larut dalam kerusakan moral, maka diperlukan suatu tempat untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah laku dan tindak tanduknya sesuai dengan ajaran agama Islam yang salah satunya adalah di lembaga pendidikan yang berupa pondok pesantren.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, maka dapat disajikan temuan penelitian sebagai berikut:
Pertama , peran Pondok Pesantren Al-Haidar dalam pembinaan remaja di Desa penjalin kecamatan Brangsong kabupaten Kendal, yaitu: Peranan sebagai fasilitator, Peranan sebagai mobilisator, Peranan sebagai wadah pengembangan sumberdaya manusia, dan Peranan sebagai agent of development masyarakat desa.
Kedua, faktor pendukung Pondok Pesantren Al-Haidar dalam pembinaan akhlak remaja, yaitu: Adanya pengaruh kyai, Adanya interaksi sosial dan kerjasama yang baik antara Pesantren dengan masyarakat dan alumni, Adanya hubungan yang harmonis antara remaja dengan santri Al-Haidar, dan Adanya minat yang tinggi dari remaja-remaja Desa Penjalin. Sedangkan faktor penghambat Pondok Pesantren Al-Haidar Desa penalin dalam pembinaan remaja, yaitu: Kurangnya ustadz atau guru tugas, dan Waktu yang berbenturan dengan kegiatan lain.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren Al-Haidar, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Abdul Wahib, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pondok pesantren; Pembinaan remaja |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 305 Social groups |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 07:55 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 07:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6040 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year