Metode pembiasaan dalam pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun: studi pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat

Khoiriyah, Hidayatin (2016) Metode pembiasaan dalam pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun: studi pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111112.pdf]
Preview
Text
113111112.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metode pembiasaan dalam pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kenyataan yang hidup dalam masyarakat kaum terpelajar, didapatkan kesan bahwa agama tidak lagi menjadi pengatur, pengendali dan pengontrol sikap dan tindakan mereka dalam hidup. Kaum terpelajar yang muda-muda, yang keluar sebagai hasil didikan nasional, semakin jauh dari agama. Mereka merasa bangga mengatakan bahwa mereka kurang mengerti agama, apalagi dalam kalangan kaum terpelajar yang beragama Islam. Mereka menyangka bahwa agama menghalangi kemajuan, agama banyak pantang, banyak larangan dan sebagainya. Karena adanya realita demikian, maka pendidikan agama memang harus ditanamkan sejak pada masa anak, dalam hal ini khususnya anak usia 6-12 tahun dengan metode pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun dan kemungkinan penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun menurut Zakiah Daradjat.
Dalam penelitian ini penulis memaparkan 2 permasalahan antara lain : 1). Bagaimanakah pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun menurut Zakiah Daradjat. 2) Bagaimanakah metode pembiasaan dalam pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun menurut Zakiah Daradjat. 3) Bagaimanakah kemungkinan penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan agama pada anak usia 6-12 tahun. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dari karya-karya ilmiah Zakiah Daradjat dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis isi dan deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama pada anak usia 6-12 baik menurut pakar dan menurut Prof. Zakiah Daradjat tidak hanya meliputi ibadah saja namun juga meliputi keseluruhan pendidikan agama yaitu pendidikan keimanan, ibadah dan akhlaq yang diperoleh tidak hanya dari orang tua, tetapi juga dari pendidik di tingkat Sekolah Dasar karena pada usia ini anak sudah saatnya masuk sekolah. Sedangkan penerapan pembiasaan pendidikan agama dapat diterapkan di lingkungan Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, rumah, dan juga di pesantren bagi anak yang tinggal di pesantren.
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk pengembangan khazanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo Supriyono, MA.; Drs. H. Ridwan, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama; Pendidikan anak; Pembiasaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:49
Last Modified: 07 Nov 2016 04:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics