Metode pendidikan perspektif Hamdani Bakran Adz-Dzakiey
Tusmiati, Tusmiati (2016) Metode pendidikan perspektif Hamdani Bakran Adz-Dzakiey. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (349kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (268kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (220kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (335kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (158kB) | Preview
Abstract
Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, adalah praktisi tasawuf, konselor, psikoterapis, dan pendidik. Lahir di Balikpapan, 3 Mei 1960. Alumnus Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mengajar pada beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta dan Surakarta, yakni Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga, Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Agama Islam dan Ekonomi Universitas Cokroaminoto, dan Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Klaten. Pendiri sekaligus sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muttaqien di Babadan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.
Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, banyak menaruh perhatian dengan persoalan pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan karya-karya yang mengupas persoalan pendidikan, seperti: Psikologi Kenabian; Memahami Eksistensi Belajar, Seri 5, (Yogyakarta: Daristy, 2015); Prophetic Intelligence, (Yogyakarta: Islamika, 2015).
Penelitian ini menggunakan-jenis penelitian kualitatif, library research (penelitian kepustakaan), dan studi tokoh. Data Primer yaitu buku karya Hamdani Bakran Adz-Dzakiey: 1) Psikologi Kenabian: Memahami Eksistensi Belajar; 2) Psikologi Kenabian: Memahami Eksistensi Kecerdasan Kenabian; 3) Metode Bersahabat dengan Para Malaikat Berjumpa dengan Rasulullah. Data Sekunder yaitu sejumlah literatur yang relevan dengan judul ini, di antaranya: buku-buku, kitab, artikel, internet dan sejumlah data tertulis lainnya. Dalam pengumpulan data, peneliti menempuh langkah-langkah melalui riset kepustakaan (library research) yaitu penelitian kepustakaan murni. Dalam membahas dan menelaah data, penulis menggunakan analisis isi (content analysis) adalah teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi (kesimpulan-kesimpulan) yang ditiru (reflicable), dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Analisis isi berhubungan dengan komunikasi atau isi komunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:11 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 10:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6090 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year