Studi eksperimen model pembelajaran group investigation dan jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hubungan sumber daya alam kelas IV semester genap tahun pelajaran 2014/2015 di MI Raudlotusysyubban Kabupaten Pati
Syah, Alif Arfian (2016) Studi eksperimen model pembelajaran group investigation dan jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hubungan sumber daya alam kelas IV semester genap tahun pelajaran 2014/2015 di MI Raudlotusysyubban Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (808kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (338kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (267kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (508kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (124kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (86kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (10MB) | Preview
Abstract
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu: adakah perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA materi pokok hubungan sumber daya alam kelas IV MI Raudlotusysyubban Pati?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA pokok bahasan hubungan sumber daya alam kelas IV MI Raudlotusysyubban Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Raudlotusysyubban Pati semester genap tahun 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen 1 (model pembelajaran group investigation) dari kelas IVA sebanyak 20 peserta didik dan kelompok eksperimen 2 (model pembelajaran jigsaw) dari kelasIVB sebanyak 17 peserta didik. Jadi banyaknya peserta didik adalah 37 peserta didik diperoleh dengan cara accidental sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Analisa data terdiri atas : uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPA pada materi pokok hubungan sumber daya alam dikelas IV MI Raudlotusysyubban Pati antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran group investigation adalah sebesar 82,25 sedangkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran jigsaw adalah sebesar 62,05. Pengujian statistik dengan uji t dua pihak diperoleh dengan taraf signifikasi α = 5% dk = n1 +n2 – 2 = 35, peluang 1-α kriteria pengujian Ho diterima jika thitung>ttabel . Karena pada penelitian ini thitung= 7,351 dan ttabel 1,69 dan ini berarti thitung>ttabel, maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan yang menggunakan model pembelajaran jigsaw pada materi pokok hubungan sumber daya alam kelas IV MI Raudlotusysyubban Pati. Maka dapat disimpulkan rata-rata prestasi belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berbeda secara nyata. Sehingga dapat diketahui bahwa prestasi belajar IPA peserta didik dengan model pembelajaran group investigation lebih efektif dari prestasi belajar IPA peserta didik dengan model pembelajaran jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Prestasi belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:12 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 10:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6091 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year