Pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial peserta didik kelas XI di SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2015/2016

Mandarinnawa, Nela Karmila (2016) Pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial peserta didik kelas XI di SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123111001.pdf]
Preview
Text
123111001.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Meski bangsa Indonesia terdiri dari beragam agama, namun belakangan kerap terjadi konflik yang disebabkan atas perbedaan keyakinan. Konflik terjadi karena pemeluk agama tertentu kurang atau bahkan tidak mengenali pemeluk agama lain. Hal ini terjadi karena perbedaan agama terkadang tidak dijumpai dalam wilayah tertentu di Indonesia. Misalnya, satu desa di Jawa terkadang mayoritas atau bahkan keseluruhan Muslim. Satu desa tertentu di Ambon mayoritas Kristen. Keadaan demikian menjadikan para pemeluk agama tidak peka terhadap keberagaman agama yang sesungguhnya terjadi di negara ini.
Berdasarkan kenyataan seperti di atas, perlu melihat kondisi penduduk dalam satu desa atau daerah yang beragam. Dalam hal ini melihat kondisi siswa siswi yang memeluk agama berbeda-beda dalam satu kelas menjadi hal yang urgen demi mengetahui sejauh mana toleransi terjadi dalam pemeluk agama yang mengetahui dan menyadari keberagaman tersebut. Peserta didik di SMK N 7 Semarang terdiri dari beragam agama, ada yang menganut Islam, ada yang Kristen, Katolik, dan Hindu. Apakah perbedaan agama yang ada di sekolah ini memengaruhi pola pikir para siswa siswi dalam bergaul maupun berinteraksi di antara sesama atau tidak, karena perbedaan sebagai pemicu konflik terjadi disebabkan keseragaman atau homogenitas pemeluk agama.
Untuk memudahkan pembahasan, penelitian ini terangkum dalam 3 pertanyaan: 1) Bagaimanakah tingkat toleransi beragama peserta didik kelas XI di SMK Negeri 7 Semarang? 2) Bagaimanakah interaksi sosial peserta didik kelas ini? 3) Adakah pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial peserta didik kelas XI di SMK N 7 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dan teknik analisis data regresi linier sederhana, dengan responden sebanyak 65 dari jumlah populasi 630. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan a simple random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan analisis statistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat toleransi beragama dengan interaksi sosial peserta didik kelas XI di SMK N 7 Semarang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi sebesar r =0,629 dengan tingkat signifikansi 5% ( = 0,244). Sedangkan persamaan regresi liniernya adalah Y = 24,487 + 0,678X. Uji persamaan regresi linier dilakukan dengan uji F dan diperoleh sebesar 41,192 dengan taraf signifikansi 5% ( = 3,99),karena > maka Ha diterima. Artinya hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial peserta didik dapat diterima. Dan hasil koefisien determinasinya sebesar 0,395 yang menggambarkan bahwa dalam penelitian ini kontribusi atau sumbangan dari tingkat toleransi beragama dalam mempengaruhi interaksi sosial peserta didik adalah sebesar 39,5% . Sisanya 60,5% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi civitas akademika, mahasiswa, dan peserta didik agar meningkatkan toleransi beragama dan mengaplikasikannya dalam berinteraksi sosial.
.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Widodo Supriyono, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Toleransi agama; Interaksi sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:55
Last Modified: 18 Nov 2016 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6104

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics