Pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 11 Semarang
Wafi, M. In’amul (2016) Pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 11 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123111100.pdf - Accepted Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh Pemanfaatan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 11 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan : (1) Bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana belajar di SMA N 11 Semarang ? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 11 Semarang? (3) adakah pengaruh pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 11?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei, yaitu penelitian yang tujuan utamanya mengumpulkan informasi tentang variable dari populasi. Sedangkan pendekatannya adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang berupa angka yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan informasi. Populasinya sebanyak 455 siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 25 % atau sejumlah 114 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel karena jumlah ppulasi melebihi 100 orang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana belajar di SMA N 11 Semarang dan mengambil nilai raport MID Semester II untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X di SMA N 11. Sedangkan untuk pengumpulan data pendukungnya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis statistic deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang kemudian di analisis dengan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis yang telah diajukan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan sarana dan prasarana belajar (variabel X) termasuk dalam kategori Baik, yaitu berada pada interval 80-104 dengan nilai rata-rata 94,68 dan standar deviasi sebesar 12,65. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA N 11 Semarang (variabel Y) termasuk dalam kategori Baik, yaitu berada pada interval 81-90 dengan nilai rata-rata 83,55 dan standar deviasi sebesar 5,67. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variable kelengakapan sarana dan prasarana belajar (variabel X) terhadap Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA N 11 Semarang (variabel Y) sebesar 0,635 atau 40,4%. Dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 56,58 + 0,285X dan hasil varian regresi Fhitung = 75,80˃Ftabel(0,01; 1; 112) = 6, 90 berarti signifikan, Fhitung = 75,80 ˃Ftabel(0,05; 1; 112) = 3,94 berarti signifikan sehingga hipotesis diterima. Jadi kesimpulannya “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA N 11 Semarang.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Hj. Lift Anis M, M. Ag.; Agus Sutiyono, M. Ag., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas pembelajaran; Sarana dan prasarana pembelejaran; Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 07:37 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 07:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6126 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year