Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Qiroati pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Komsah, Komsah (2016) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Qiroati pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (238kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (230kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (394kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (559kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (130kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (197kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penelitian tindakan kelas dalam rangka peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membekali dan mengajarkan membaca al-Qur’an kepada anak. Dengan membekali kemampuan membaca al-Qur’an kepada anak, diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan kepada anak dalam memahami dan selanjutnya mengamalkan al-Qur’an. Usia anak saat berada di sekolah dasar dipandang cukup baik dalam membekali anak dengan pendidikan membaca al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan cara observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskripitif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan persentase.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditandai dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam membaca al-Qur’an dari pra siklus sebesar 33,3%, siklus pertama 50%, dan siklus kedua menjadi sebesar 80%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan, yaitu sebesar 75% telah dilampaui pada siklus kedua ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: DR. Dwi Mawanti, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur'an; Metode Qiroati; Model pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 09:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 09:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6139 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year