Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Qiroati pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Komsah, Komsah (2016) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Qiroati pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian tindakan kelas dalam rangka peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membekali dan mengajarkan membaca al-Qur’an kepada anak. Dengan membekali kemampuan membaca al-Qur’an kepada anak, diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan kepada anak dalam memahami dan selanjutnya mengamalkan al-Qur’an. Usia anak saat berada di sekolah dasar dipandang cukup baik dalam membekali anak dengan pendidikan membaca al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan cara observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskripitif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan persentase.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas 2 SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditandai dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam membaca al-Qur’an dari pra siklus sebesar 33,3%, siklus pertama 50%, dan siklus kedua menjadi sebesar 80%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan, yaitu sebesar 75% telah dilampaui pada siklus kedua ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: DR. Dwi Mawanti, M.A.
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an; Metode Qiroati; Model pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:45
Last Modified: 29 Nov 2016 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics