Upaya peningkatan hasil belajar menghafal juz 30 melalui metode drill pada siswa kelas VI SD Islam Sultan Agung 3 semarang tahun pelajaran 2015/2016

Khilmiyah, Mantik (2016) Upaya peningkatan hasil belajar menghafal juz 30 melalui metode drill pada siswa kelas VI SD Islam Sultan Agung 3 semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123111622.pdf]
Preview
Text
123111622.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode ceramah yang menyebabkan pembelajaran kurang menyenangkan, juga siswa diposisikan sebagai subjek pembelajaran yang pasif, akibatnya adalah motivasi dan prestasi menghafal siswa kurang maksimal. Maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi menghafal juz 30 pada siswa kelas VI SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun pelajaran 2015/2016.

Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1.) Apakah metode drill dapat meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran ? Dan (2.) Apakah metode drill dapat meningkatkan prestasi menghafal Al-Quran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut menerapkan penelitian tindakan kelas yang meliputi rangkaian siklus dengan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar menghafal juz 30 pada siswa kelas VI SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 siswa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa dengan 27 siswa mencapai ketuntasan dan 8 siswa belum tuntas. Siklus II yang mengalami ketuntasan sudah ada peningkatan dengan jumlah 32 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas dari jumlah 38 siswa. (2) Pelaksanaan metode pembelajaran Drill untuk meningkatkan hasil belajar menghafal juz 30 pada siswa kelas VI SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 berjalan dengan baik, guru telah mempersiapkan sebelumnya rencana pembelajaran yang dimodifikasi dengan alur metode pembelajaran Drill dan guru mempersiapkan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dengan metode pembelajaran Drill, guru juga mempersiapkan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menghafal juz 30, sedangkan peserta didik mengikutinya dengan senang dan tertarik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, dan (3) Hasil belajar menghafal juz 30 pada siswa kelas VI SD Islam Sultan Agung 3 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Drill. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal dengan prosentase pada siklus I sebesar 77 %, dan pada siklus II sebesar 91 %. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Drill sangat efektif untuk meningkatkan Hasil belajar menghafal juz 30.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Menghafal al-Quran; Metode belajar; Hasil belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:46
Last Modified: 29 Nov 2016 09:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics