Peningkatan hasil belajar surat At-Tiin dengan metode drill dan jigsaw di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang

Arif, Muhammad (2016) Peningkatan hasil belajar surat At-Tiin dengan metode drill dan jigsaw di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123111625.pdf]
Preview
Text
123111625.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh: Pembelajaran al-Qur’an hadist terutama dalam membaca dan memahami isi kandungan surat- surat pendek yang selama ini di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang lebih mengarah kepada sifat dominan pada guru dengan banyak memakai metode ceramah dan demonstrasi sehingga kurang mampu membaca dan memahami isi kandungan surat-surat pendek dengan baik dan menjadikan pasif. Sebagai pendidik dan pengajar, senantiasa dituntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi peserta didik dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian prestasi hasil belajar secara optimal.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode drill dan jigsaw dalam pembelajaran
Surat at-Tiin di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang? 2)
Apakah pelaksanaan metode Drill dan jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Surat at-Tiin siswa di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang ?
Permasalahan tersebut di bahas melalui Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data
penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metodejigsaw pada materi Surat at-Tiin di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso
Semarang dengan berbagai siklus yang terdiri dari pertama
perencanaan dengan membuat RPP, LOS, merancang kelompok dan menyetting kelas dan menyiapkan media pembelajaran, kedua tindakan ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan yang di mulai dari persiapan dengan do’a dan absensi, membaca bersama,

v
menerangkan materi, diskusi kelompok dan presentasi kelompok, terakhir guru mengajak do’a bersama, ketiga observasi peneliti meneliti kegiatan siswa dan guru tiap siklus, keempat dari hasil observasi tersebut di refleksi untuk pedoman pembelajaran pada siklus berikutnya 2) Ada peningkatan prestasi siswa pada materi Surat at-Tiin di kelas IX SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang setelah menggunakan metode jigsaw dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa persiklus yaitu pada pra siklus ada 10 siswa atau 29% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 24 siswa atau 69% dan pada siklus II ada 31 siswa atau 89%, ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah mencapai indikator yang ditentukan yakni 75%, demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Surat at-Tiin juga meningkat persiklusnya yaitu pada pra siklus ada 8 siswa atau 23% di siklus I keaktifan siswa mencapai 22 siswa atau 62% dan pada siklus II sudah mencapai 30 siswa atau 86%, dan nilai rata-rata peserta didik pada pra siklus 58,57% dan pada siklus I meningkat menjadi 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 81% dan begitu juga pada ketuntasan klasikalnya mulai dari persiklusnya yaitu pra siklus mendapat nilai 29%, siklus I mendapat nilai 62,85% dan pada siklus II mencapai nilai 88,87%, ini menunjukkan usaha guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode jigsawberhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran al-Qur'an; Metode pembelajaran; Drill; Jigsaw
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:49
Last Modified: 29 Nov 2016 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics