Implementasi program Adiwiyata di SD Islam Al-Aazhar 29 BSB Semarang
Hidayatullah, Hidayatullah (2016) Implementasi program Adiwiyata di SD Islam Al-Aazhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123311020.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Lembaga pendidikan sangat berperan dalam menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Melalui program Adiwiyata maka diharapkan akan membentuk suasana sekolah yang nyaman dan berbudaya lingkungan. Oleh karena itu, program Adiwiyata harus dilaksanakan dengan baik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa: Implementasi program Adiwiyata di SD islam AL-Azhar 29 BSB Semarang telah berhasil. Namun masih ada beberapa kendal yang muncul. 1) Implementasi program tersebut adalah pada (a) Pengembangan kebijakan sekolah dalam mewujudkan program Adiwiyata meliputi pembentukan tim Adiwiyata sekolah, perumusan visi, misi, dan tujuan sekolah yang memuat pengelolaan lingkungan, merancang program kegiatan-kegiatan lingkungan hidup, membangun kemitraan mengimplementasikan kurikulum berwawasan lingkungan, Penyediaan fasilitas pendukung pembelajaran lingkungan hidup, pengelolaan dan penghematan sumber daya sekolah, penyadaran warga sekolah terhadap kebersihan lingkungan. (b) Implementasi kurikulum berwawasan lingkungan SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang dilaksanakan secara integralistik. Artinya pembelajaran lingkungan hidup dikaitkan pada setiap mata pelajaran yang sudah ada. Guru memunculkan isu lokal terkait lingkungan hidup pada setiap mata pelajaran. Proses implementasi kurikulum berwawasan lingkungan di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang juga didukung oleh pembuatan rencana program pembelajaran dan instrumen evaluasi yang memuat materi peduli lingkungan. (c) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif melalui jalur kemitraan. Artinya selain meningkatkan partisipasi warga sekolah dalam pengelolaan lingkungan, SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang juga menjalin kerja sama dengan beberapa instansi luar dalam pengelolaan lingkungan seperti Dinas Pertanian, Puskesmas, Basarnas, Dinas Kehutanan, dan lain sebagainya. (d) Pengelolaan sarana prasarana pendukung dapat dilihat dari beberapa kegiatan yaitu pengelolaan sampah, Pengelolaan Green house, Gazebo, kolam ikan, dan kebun, pemeliharaan sanitasi sekolah, pengelolaan pelayanan kantin sekolah, dan pengelolaan air, listrik, dan ATK secara efisien. Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang melibatkan warga sekolah dalam pelaksanaannya. 2) keberhasilan program Adiwiyata di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang dapat dikatakan berhasil. Ini dibuktikan dengan adanya pengahargaan Adiwiyata yang dicapai pada tahun 2014. 3) Program Adiwiyata memberikan implikasi positif bagi warga sekolah tidak hanya di lingkungan sekilah. Akan tetapi juga saat berada di rumah masing- masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ikhrom, M. Ag.; M. Rikza Chamami, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Program Adiwiyata; Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 10:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 10:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6148 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year