Pengaruh aktivitas menghafal al-qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Anak-anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati tahun 2016
Fitriyani, Dina (2016) Pengaruh aktivitas menghafal al-qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Anak-anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
123911042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh aktivitas menghafal alqur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Anak-Anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun 2016. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana aktivitas menghafal Al-Qur’an di PPATQ Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun 2016? (2) Bagaimana kecerdasan spiritual santri PPATQ Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun 2016? (3) Adakah pengaruh antara aktivitas menghafal Al-qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di PPATQ Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun 2016?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan yang menggunakan metode survey dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumplah sampel 45 santri. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa aktivitas menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Anak-anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) Raudlatul Falah termasuk dalam kategori “baik”, yaitu pada interval 27,97 – 32,67 dengan nilai rata-rata 30,32. Sedangkan untuk kecerdasan spiritual santri juga termasuk dalam kategori “baik”, yaitu pada interval 47,03 – 52,83 dengan nilai rata-rata 49,93.
Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,324 ≥ rtabel = 0,308. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel tersebut memiliki korelasi. Sementara analisis varians diperoleh Fhitung = 4,575 ≥ Ftabel = 4,08. Selain itu, diketahui persamaan garis regresi dengan rumus Ŷ = a + bX adalah Ŷ = 37,704 + 0,403X. Dengan demikian dapat dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Adapun besarnya pengaruh aktivitas menghafal al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri adalah 10,5% dan 89,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diketahui oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al-Qur'an; Kecerdasan spiritual; Pondok pesantren |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 05:49 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 07:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6193 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year