Dampak game pada kepribadian sosial anak (studi kasus kelas V SD Islam Al-Madina Semarang)
Istiqomah, Kholifah (2016) Dampak game pada kepribadian sosial anak (studi kasus kelas V SD Islam Al-Madina Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
123911056.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Game menjadi salah satu budaya dan kegiatan keseharian masyarakat terutama generasi muda bahkan anak-anak di usia sekolah dasar. Anak-anak yang sering melakukan aktivitas bermain game akan mengurangi kegiatan anak seperti belajar dan berinteraksi dengan teman sebaya, karena game berpotensi mengucilkan anak-anak dari lingkungan sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan data melalui metode tringulasi sumber, dan dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian dari dampak game pada kepribadian sosial anak (studi kasus kelas V SD Islam Al Madina), disimpulkan bahwa bermain game memiliki tingkat kecanduan yang berbeda-beda bagi pemain, yaitu: kadang, sering, dan selalu. Tingkat kecanduan game dapat dilihat dari frekuensi anak bermain game. Frekuensi bermain game yang semakin lama, maka semakin banyak pula dampak game pada kepribadian sosial anak. Hasil yang diperoleh dari setiap intensitas bermain game dapat diprosentasikan sebagai berikut: intensitas bermain game katagori kadang sebesar 40%, katagori sering 40%, dan katagori selalu sebesar 20%. Kepribadian sosial anak yang dipengaruhi oleh permainan game juga dapat dilihat dari jenis game yang dimainkan oleh anak. Anak yang bermain game dengan jenis game yang memiliki unsur kekerasan dapat berdampak buruk seperti, anak mengalami masalah mental, dan dapat menyebabkan anak menjadi dua kali lebih hiperaktif. Sebagian besar subjek yang bermain game dapat berdampak bagi kepribadian sosialnya, antara lain: sikap pembangkangan, agresi, berselisih/bertengkar, menggoda, persaingan, kerjasama, tingkah laku berkuasa, mementingkan diri sendiri, dan simpati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game; Kepribadian sosial; Anak |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 794 Indoor games of skill |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 05:08 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 03:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6197 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year