Pengaruh program reading morning terhadap minat baca peserta didik kelas V di MIN Sumurrejo Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016

Rahayu, Ratna Surya (2016) Pengaruh program reading morning terhadap minat baca peserta didik kelas V di MIN Sumurrejo Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123911091.pdf]
Preview
Text
123911091.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Reading Morning terhadap minat baca peserta didik kelas V di MIN Sumurrejo Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Data dikumpulkan dari populasi yaitu 40 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui adanya program Reading morning dan minat baca peserta didik kelas V di MIN Sumurrejo. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara program Reading Morning terhadap minat baca peserta didik kelas V di MIN Sumurrejo Kota Semarang Tahun 2015/2016. Dari uji korelasi product moment diketahui bahwa r_xy = 0,757 > r_tabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,312. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel memiliki korelasi, karena rxy > rtabel.
Dari hasil perhitungan regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier sederhana. hasil perhitungan analisis regresi sederhana, diperoleh Ftabel = 4,098 dan harga Freg = 50,969. Jika dibandingkan maka harga Freg > Ftabel. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi : 33,170 + 0,568X dan sumbangan relatif 57,3 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa program Reading Morning mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat baca peserta didik kelas V di MIN Sumurrejo Kota Semarang Tahun Ajaran 2015/2016
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi seluruh warga sekolah bahwa adanya program Reading Morning sangat penting dan berpengaruh baik terhadap minat baca peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Reading morning; Minat baca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:12
Last Modified: 04 Dec 2021 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics