Pengaruh penerapan metode teams games tournament (TGT) dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas IV materi pokok koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016

Asniah, Siti (2016) Pengaruh penerapan metode teams games tournament (TGT) dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas IV materi pokok koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_123911102_Siti_Asniah]
Preview
Text (Skripsi_123911102_Siti_Asniah)
123911102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV Materi Pokok Koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV MIT Nurul Islam Ngaliyan dengan jumlah 78 siswa. Sampel yang diambil adalah 51 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t tes. Berdasarkah hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh t_hitung = 3,523 sedangkan t_tabel = 2,01. Karena t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak dan H_aditerima yang berarti rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa yang diajar dengan menggunakan metode Teams Games Tounament (TGT) dan media audio visual lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 79,600 dan kelompok kontrol =69,423 sehingga dapat disimpukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode Teams Games Tounament (TGT) dan media audio visual efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Teams games tournament (TGT); Ilmu pengetahuan sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:15
Last Modified: 12 Jun 2021 05:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics