Peningkatan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran fiqih materi haji melalui metode card sort pada siswa kelas V MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016
Fatoni, Nur (2016) Peningkatan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran fiqih materi haji melalui metode card sort pada siswa kelas V MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
123911148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji upaya meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada materi pokok haji kelas V MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minimnya hasil belajar yang dialami oleh siswa.
Rumusan permasalahan penelitian yaitu apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran fiqih kelas V materi haji di MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016?”
Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan tes.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode card sort nilai hasil belajar aspek kognitif fiqih materi pokok haji dapat ditingkatkan. Nilai hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat. Tes pra siklus menemukan data ketuntasan klasikal belajar anak yang hanya 23%, siklus 2 sebesar 56,66%, sedangkan siklus 2 senilai 90%. Demikian hasil kesimpulan yang peneliti dapatkan dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Haji |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 07:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6223 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year