Peningkatan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran fiqih materi haji melalui metode card sort pada siswa kelas V MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016

Fatoni, Nur (2016) Peningkatan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran fiqih materi haji melalui metode card sort pada siswa kelas V MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_123911148_Nur_Fatoni]
Preview
Text (Skripsi_123911148_Nur_Fatoni)
123911148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada materi pokok haji kelas V MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minimnya hasil belajar yang dialami oleh siswa.
Rumusan permasalahan penelitian yaitu apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran fiqih kelas V materi haji di MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016?”
Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan tes.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode card sort nilai hasil belajar aspek kognitif fiqih materi pokok haji dapat ditingkatkan. Nilai hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat. Tes pra siklus menemukan data ketuntasan klasikal belajar anak yang hanya 23%, siklus 2 sebesar 56,66%, sedangkan siklus 2 senilai 90%. Demikian hasil kesimpulan yang peneliti dapatkan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:26
Last Modified: 12 Jun 2021 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics