Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dengan media komik pada pembelajaran Fiqih kelas I (satu) materi wudhu di MI Raudlatul Athfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Khotijah, Siti (2016) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dengan media komik pada pembelajaran Fiqih kelas I (satu) materi wudhu di MI Raudlatul Athfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (551kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (378kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (81kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (352kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (69kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui metode diskusi dengan media komik pada pembelajaran Fiqih Kelas I (satu) materi Wudhu di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 Penggunaan metode dengan media yang tepat akan sangat menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Penggunaan metodedan media yang bervariasi akan sangat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Komik merupakan bentuk kartun dimana perwatakan sama membentuk suatu cerita dan urutan gambar-gambar yang berhubungan erat, dirancang untuk menghibur para pembacanya. Komik merupakan media yang unik yang menggabungkan teks dan gambar dalam bentuk yang kreatif. Metode diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran, kooperatif, yang mana seorang guru memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusunan berbagai alternatif pemecahan masalah.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan : Apakah penerapan metode diskusi dengan media komik pada pembelajaran Fiqih Kelas I (satu) materi Wudhu dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang TahunPelajaran 2015/2016 ? Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas I MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, dengan target pada siklus I dan siklus II adalah 75%. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam pra siklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisisdeskriptifdanpersentase.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan metode diskusi dengan media komik pada pembelajaran Fiqih Kelas I (satu) di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, sangat membantu dalam pemahaman siswa khususnya materi wudhu. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan sebelum diberi pembelajaran dengan metode diskusi dan media komik. Ketuntasan belajar siklus 1 dibandingkan dengan hasil pra siklus terjadi peningkatan sebesar 33,33%. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 67.13. Sesudah siklus II dilakukan, secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 73,6. Ketuntasan belajar hasil siklus II terjadi peningkatan jika dibandingkan siklus I sebesar 26,67%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dengan media komik pada pembelajaran Fiqih Kelas I (satu) materi Wudhu dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Peneliti menyarankan kepada Kepala sekolah hendaknya selalu menganjurkan kepada semua guru untuk mengajar dengan metode yang membuat siswa aktif, merasa senang, dan nyaman sehingga kejenuhan akan terhindar. Siswa dibiasakan untuk mengemukakan pendapat dan belajar kelompok dalam menyelesaikan masalah atau tugas tertentu bagi keberhasilan belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Hasil belajar; Fikih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Dec 2016 04:17 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6240 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year