Penerapan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mapel aqidah akhlaq pada kelas V MI Nashriyah Sumberejo tahun ajaran 2015/2016

Mubin, Mubin (2016) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mapel aqidah akhlaq pada kelas V MI Nashriyah Sumberejo tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911350.pdf]
Preview
Text
123911350.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Rendahnya keaktifan siswa-siswi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah penerapan pendekatan CTL.l dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah akhlaq materi Mengingat Allah melalui kalimat tayyibah tarji` pada MI Nashriyyah Sumberejo Kecamatan Mranggen tahun pelajaran 2015/2016? (2) Apakah CTL dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa mapel Aqidah akhlaq materi kalimat tarji` kelas V di MI Nashriyah Sumberejo Kecamatan Mranggen tahun pelajaran 2015/2016 ?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan metode drill menggunakan teknik analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah akhlaq pada materi kalimat tarji` dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Nashriyyah Sumberejo Kecamatan Mranggen. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar 60,17, pada siklus I meningkat menjadi 65,33 dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 83,33. Demikian pula persentase keaktifan belajar dari pra siklus 44%, pada siklus I meningkat menjadi 78,55% dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 93,33%. Sehingga tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan KKM dan persentase ketuntasan telah tercapai. Temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau masukan untuk pihak sekolah dalam mengadakan peningkatan kualitas sekolah dengan adanya perbaikan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Aqidah akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:26
Last Modified: 26 Jun 2021 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics