Analisis strategi promosi pada butik online Miulan di CV Miulan
Hidayati, Fitri Nur (2016) Analisis strategi promosi pada butik online Miulan di CV Miulan. Undergraduate (S1) thesis, Universitasri Islam Negeri Walisongo Semarang.
092411065.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Seorang enterpreneur muda Tsumadana Wulan Setyoningrum yang akrab dipanggil Wulan, fashion karyanya identik dengan perpaduan warna unik nan apik cocok untuk remaja. berawal dari tugas kuliah yang ia tekuni hingga sekarang berbuah manis yaitu CV MIULAN. Hijab sudah menjadi salah satu trend mode di tanah air sehingga wanita tidak bosan mengenakan penutup aurat yang itu-itu saja. Melihat peluang tersebut, Tsummadana Wulan (22) merintis karir dengan mendesain hijab dan menjualnya via online. Bahkan saat ini produknya sudah dipakai puluhan artis tanah air. Di sebuah butik kecil bernama Miulan di samping rumahnya di Jl Kedung Batu Selatan no.88 Semarang atau tepat di belakang Klenteng Sam Po Kong. Dengan banyaknya designer dan pelaku bisnis busana muslim tentu menjadikan iklim persaingan makin ketat. Tak hanya itu, situasi krisis global dewasa ini memaksa pihak manajemen perusahan untuk semakin cepat tanggap akan perubahan lingkungan yang demikian cepat. Profesionalisme tampaknya kini semakin dibutuhkan. Hal ini menuntut Tsumadana Wulan Setyoningrum sebagai pemilik CV.Miulan menerapkan strategi promosi yang tepat serta dapat digunakan sebagai senjata dalam persaingan bisnis busana muslim. Strategi promosi merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan dalam berbagai aktivitas memasarkan produknya.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penerapan strategi promosi yang diterapkan Butik Online Miulan di CV. Miulan. 2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan internet (jejaring sosial) dalam penerapan strategi promosi pada Butik Online Miulan di CV. Miulan.
Hasil penelitian menyatakan : 1) Strategi Promosi yang Diterapkan pada Butik Online Miulan di CV. Miulan yaitu melalui jejaring sosial (social media) menggunakan promotion mix yaitu periklanan, humas dan publikasi, promosi penjualan, penjualan pribadi, penjualan langsung. 2) Kelebihan dan kekurangan penggunaan internet (jejaring sosial) dalam penerapan strategi promosi pada Butik Online Miulan di CV. Miulan sebagai berikut: 1) Media promosi intensif yang terjangkau tapi menjangkau. Maksudnya biaya promosinya murah tapi efeknya menjangkau kalangan yang luas dari berbagai kalangan. Pelanggan pun bisa akses info tentang Miulan dengan mudah. Sehingga menjadi media pendekatan yang efektif antara Miulan dan pelanggan Setiap media sosial yang digunakan mempunyai karakteristik berbeda yang dimanfaatkan dengan baik. 2) Customer Service tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang masuk karena banyaknya pesan sehingga harus memilah pertanyaan yang harus dijawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi promosi; Butik online |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 04:16 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 09:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6260 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year