Strategi pemasaran Islam dalam meningkatkan laba (studi kasus di toko Fizaria Busana Muslim Jepara)

Novitasari, Santi (2016) Strategi pemasaran Islam dalam meningkatkan laba (studi kasus di toko Fizaria Busana Muslim Jepara). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 092411156.pdf]
Preview
Text
092411156.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran tidak hanya meliputi kegiatan menjual barang dan jasa saja, tetapi mencakup beberapa kegiatan lain yang cukup kompleks seperti riset mengenai perilaku konsumen, riset mengenai potensi pasar. Yang menjadi perumusan masalah bagaimanakah strategi pemasaran Islam Toko Fizaria Busana Muslim Tahunan Jepara dalam meningkatkan laba? Apa kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran Islami Toko Fizaria Busana Muslim Jepara?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara dengan pemilik toko Fizaria Busana Muslim Tahunan Jepara, dan bagian pemasaran toko Fizaria Busana Muslim Data sekunder adalah kitab atau buku yang mendukung data primer. Metode pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Islam Toko Fizaria Busana Muslim Tahunan Jepara dalam meningkatkan laba yaitu dengan menggabungkan teori dan konsep strategi pemasaran konvensional, dan strategi pemasaran Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama, penerapan karakteristik pemasaran Islami; kedua, penerapan etika bisnis Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW. Karakteristik pemasaran Islami yang diterapkan Toko Fizaria Busana Muslim adalah ketuhanan (tauhid), akhlak, realistis, humanistis. Etika bisnis Islami yang diterapkan Toko Fizaria Busana Muslim yaitu produk yang halal dan thoyyib, produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berpotensi ekonomi atau benefit, produk yang bernilai tambah yang tinggi, dalam jumlah yang berskala ekonomi dan sosial, produk yang dapat memuaskan masyarakat. Toko Fizaria Busana Muslim mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW mulai dari segmentasi dan targeting, positioning, sampai bauran pemasaran (marketing mix). Kelebihan dari pemilihan lokasi oleh Toko Fizaria Busana Muslim Tahunan Jepara adalah harga tanah yang murah, kemudahan dalam akses penjualan dan pembelian barang, ruang jual luas dan halaman parkir cukup dan mudah terlihat. Karena tidak ada bangunan yang menghalangi, kemudian juga kemudahan dalam mencari karyawan dari warga sekitar dan juga masih minimnya pesaing yang sama dalam hal penjualan busana muslim. Sedangkan untuk kekurangan dari pemilihan lokasi ini antara lain permasalahan modal dalam pengembangan usaha, akses jalan yang kurang baik dan masih banyak jalan yang rusak, kemudian tidak ada anggota keamanan bagi toko/parkir serta promosi penjualan yang tidak bisa maksimal, dan juga gaya hidup atau daya beli konsumen sekitar toko tidak tetap atau berubah-ubah, selain itu juga tenaga SDM kurang berkualitas terutama dalam pemasaran dan kurang bisa dalam memaksimalkan harga bagi produk-produk yang dijual di Toko Fizaria Busana Muslim Tahunan Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran Islam; Laba
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:39
Last Modified: 10 Dec 2021 10:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics