Strategi pemasaran toko pakaian muslim pasar tradisional menghadapi toko pakaian muslim modern (studi kasus pada toko Asrie Kecamatan Limpung Kabupaten Batang)

Khasanah, Khikmatun (2016) Strategi pemasaran toko pakaian muslim pasar tradisional menghadapi toko pakaian muslim modern (studi kasus pada toko Asrie Kecamatan Limpung Kabupaten Batang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411109.pdf]
Preview
Text
112411109.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran pada dasarnya menitik beratkan konsumen, atau berorientasi pada konsumen daripada pesaing. Persaingan antara toko atau kios yang berada di pasar tradisional dengan toko modern memang tidak bisa dihindari. Kehadiran toko pakaian muslim modern yang semakin banyak ini berdampak buruk bagi toko pakaian muslim yang berada dipasar tradisional. Pedagang pasar tradisional rata-rata memiliki tingkat pendidikan yang rendah sehingga ketika para pedagang pasar ditanyai mengenai strategi apa yang digunakan mereka hanya bisa menjawab tidak ada strategi khusus, namun selalu mengutamakan pelayanan dengan sikap yang ramah terhadap konsumen, memberikan rasa kepercayaan penuh serta faktor harga yang bisa menarik para konsumen.
Penelitian ini dilakukan untuk: 1). Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran syari’ah Toko Asrie di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang? 2). Apa faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pemasaran Toko Asrie di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang?. Dan tujuan dari rekrutmen ini adalah: 1)untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran syari’ah Toko Asrie di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. 2). Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung strategi pemasaran Toko Asrie di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek pada penelitian ini adalah Toko Asrie di pasar tradisional yang mengutamakan pakaian muslim. Kemudian responden dalam penelitian ini adalah karyawan pada Toko Asrie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Toko Asrie sangat baik dan berani bersaing dengan toko modern, kualitas produk pun sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen dan harganya sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat sekitar. Selain itu kelengkapan barang dan tempat yang strategis menjadi salah satu daya tarik masyarakat sekitar untuk mengunjungi dan berbelanja di Toko Asrie.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Pasar tradisional; Toko modern
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Dec 2016 00:16
Last Modified: 09 Dec 2021 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics