Analisis strategi pemasaran produk opak di home industri kelompok usaha bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo
Arifah, Nur (2016) Analisis strategi pemasaran produk opak di home industri kelompok usaha bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
122411041.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Berkenaan dengan strategi bisnis yang dilakukan oleh Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo, maka peneliti tertarik untuk mempelajari strategi pemasaran produk opak di Home Industri Kelompok Usaha Bersama Kalibeber Wonosobo yang berdasarkan nilai-nilai syari’ah yang diterapkan dalam pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang dilaksanakan Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo dan untuk mengetahui nilai-nilai syari’ah yang diyakini pengusaha Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer adalah data yang diperoleh dari ketua, sekretaris, para anggota KUB Kucai Jaya, dan Pihak LPTP. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen pencatatan penjualan kelompok dan anggota KUB Kucai Jaya. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUB Kucai Jaya menerapkan strategi pemasaran syari’ah yaitu segmenting (segmentasi pasar), targeting (target pasar), dan positioning (penetapan posisi pasar). Nilai-nilai syari’ah yang diterapkan KUB Kucai Jaya yaitu shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathonah (cerdas).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran; Home industri |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 00:30 |
Last Modified: | 20 Nov 2021 03:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6291 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year