Implementasi strategi marketing mix pada produk tabungan berencana Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang

Kumalasari, Ratih (2016) Implementasi strategi marketing mix pada produk tabungan berencana Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 132503015.pdf]
Preview
Text
132503015.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang pemasaran, kondisi paling sulit adalah mempertahankan konsumen untuk selalu menggunakan produk dari penjual, atau sering disebut dengan loyalitas pelanggan. Untuk mampu menciptakan loyalitas pelanggan tersebut, para pengusaha perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan loyalitas konsumen adalah penggunaan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi product, price, promotion, dan physical evidence atau place. Jika konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk yang dijual, maka mereka akan loyal. Jika terwujud loyalitas pelanggan, maka akan berimbas terhadap peningkatan penjualan.
Penelitian ini mengembangkan masalah implementasi strategi marketing mix pada produk tabungan berencana. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya masyarakat pinggir kota Semarang yang mengenal Bank Mandiri Syariah dan produk tabungan berencana. Letak kantor Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani yang strategis pun masih belum cukup untuk diketahui masyarakat Semarang yang tinggal jauh dari pusat kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi (pengamatan), dan wawancara yang menelusuri data histori yang terdapat di Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani.
Hasil penelitian ini adalah implementasi strategi marketing mix pada tabungan berencana Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani Semarang belum optimal karena masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki.
Tabungan berencana ini menggunakan akad mudharabah. Tabungan berencana sangat memperhatikan pencapaian target yang direncanakan oleh nasabah sehingga penyetoran uang setiap bulan ditentukan oleh kesepakatan nasabah dan bank dan diterapkan dengan disiplin. Promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani dengan cara door to door, telephone selling, dan pembukaan gerai di instansi pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhlis, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Marketing mix; Tabungan berencana; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Jan 2017 00:16
Last Modified: 04 Jan 2017 00:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics