Analisis SWOT pada produk tabungan Super Fitri di BPRS Asad Aif kantor KAS Semarang

Alfiaunita, Anni (2016) Analisis SWOT pada produk tabungan Super Fitri di BPRS Asad Aif kantor KAS Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 132503054.pdf]
Preview
Text
132503054.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

BPRS ASAD ALIF merupakan Lembaga intermediasi untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan. Di BPRS Asad Alif Kantor Kas Semarang, terdapat produk tabungan super fitri yang setiap tahun mengalami peningkatan jumlah nasabah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik produk tabungan super fitri di BPRS Asad Alif Kantor Kas Semarang dan bagaimana analisis SWOT pada produk tabungan super fitri di BPRS ASAD ALIF Kantor Kas Semarang.
Dalam menyusun dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam tugas akhir ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Sedangkan dalam metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Dalam menganalisa data-data yang sudah terkumpul penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian ini, karakteristik tabungan super fitri adalah merupakan tabungan yang menggunakan prinsip akad mudharabah mutlaqah, pembukaan rekening tabungan super fitri sangat mudah yaitu calon nasabah hanya menyerahkan foto copi KTP/SIM atau kartu identitas lainnya sebanyak satu lembar, tabungan tidak dapat ditarik kembali kecuali pada saat hari raya idul fitri akan tiba, dibebaskan dari layanan administrasi bulanan, adanya program berhadiah langsung khususnya tabungan super fitri memberikan keuntungan bagi nasabah. Saldo simpanan berapapun tetap mendapatkan bagi hasil. Analisis swot tabungan super fitri meliputi kekuatan (strenghts) yaitu adanya program berhadiah langsung khususnya tabungan super fitri, bebas adminitrasi bulanan, bagi hasil yang menarik. Kelemahan pada produk tabungan super fitri yaitu penarikan tabungan super fitri tidak bisa ambil sewaktu-waktu, kurangnya promosi, kurangnya SDM pemasaran pada produk tabungan super fitri. Peluang pada tabungan super fitri yaitu beraneka ragamnya kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hari raya idul fitri, sedangkan ancaman pada produk tabungan super fitri yaitu kurangnya antusias masyarakat dan banyaknya pesaing. Dari hasil Analisis SWOT, Berdasarkan Internal-Eksternal Matrik (IE Matrik), BPRS Asad Alif Kantor Kas Semarang diperoleh beberapa formulasi alternatif strategi, yaitu strategi SO : Mempertahankan kualitas produk, Mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar, Strategi ST: Menerapkan pemasaran jemput bola, mempertahankan ciri khas produk dan menambah program-program berhadiah, mengembangkan variasi produk agar menarik, Strategi WO: meningkatkan SDM pemasaran khususnya dalam produk pendanaan, meningkatkan promosi yang lebih gencar disemua media untuk meningkatkan pangsa pasar, Strategi WT: menetapkan strategi bisnis yang baru yang lebih efektif dan efisien, memaksimumkan ragam pilihan produk dengan meningkatkan promosi melalui berbagai media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Nur Fatoni, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Tabungan; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:55
Last Modified: 09 Jan 2017 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics