Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah di BMT An-Nawawi Purworejo
Wafiroh, Ulfa Min Khatul (2016) Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah di BMT An-Nawawi Purworejo. Diploma thesis, UIN Walisongo.
132503150.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memasarkan berbagai produk agar diminati oleh masyarakat. Demikian halnya dengan BMT An-Nawawi Purworejo yang salah satunya memiliki produk pembiayaan mudharabah. Pembiayaan ini merupakan pembiayaan yang paling banyak diminati karena pada dasarnya masyarakat sekitar daerah Purworejo merupakan pedagang klontong atau pengusaha-pengusaha kecil mikro yang perlu mendapatkan pinjaman dana. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pembiayaan mudharabah di BMT An-Nawawi Purworejo dan kendala apa yang dihadapi BMT An-Nawawi dalam memasarkan pembiayaan mudharabah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data-data yang sudah terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analitis.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, strategi pemasaran BMT An-Nawawi dalam memasarkan pembiayaan mudharabah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi 4P, yaitu: (a) Produk (Product). Produk pembiayaan mudharabah memakai akad kerjasama dimana modal 100% dari shahibul maal; (b) Harga (Price). Administrasi pembiayaan mudharabah di BMT An-Nawawi hanya mengganti biaya kelengkapan administrasi seperti materai dan ongkos survey, (c) Penempatan distribusi (placement), bisa dilakukan di kantor BMT An-Nawawi Purworejo atau pihak BMT mendatangi rumah nasabah dengan sistem jemput bola; (d) Promosi (Promotion). Promosi yang dilakukan BMT An-Nawawi antara lain, periklanan radio, brosur, door to door, melalui pengajian, dan spanduk.
Kedua, kendala yang dihadapi BMT An-Nawawi dalam proses pemasaran pembiayaan mudharabah antara lain: (a) produk. Banyaknya lembaga keuangan yang ada didaerah Purworejo yang menjadi pesaing dalam produk pembiayaan mudharabah, Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang produk pembiayaan mudharabah, jadi pihak BMT An-Nawawi Purworejo harus memberikan pengertian yang baik tentang produk mudharabah, Adanya pinjaman-pinjaman yang tidak lancar yang menghambat pembiayaan mudharabah lainya; (b) Harga. Banyaknya lembaga keuagan seperti, BRI, dan BPR yang ada disekitar Purworejo yang telah lama dikenal oleh masyarakat Purworejo pada umumnya keuangan tersebut menawarkan pinjaman dengan tingkat suku bunga atau bagi hasil yang bersaing; (c) Distribusi. Adanya tempat atau rumah nasabah yang sulit ditempuh, karena sulitnya medan jalan yang ada didaerah Purworejo; (d) Promosi. Tidak semua nasabah yang didatanggi pihak BMT An-Nawawi bersedia menjadi anggota.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dede Rodin, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Mudharabah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 07:19 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 07:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6376 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year