Strategi pemasaran pada produk SAHARA (Simpanan Hari Raya Idul fitri) di KSPPS El-Amanah Kendal

Mahendra, Ilham Rahadyanta (2016) Strategi pemasaran pada produk SAHARA (Simpanan Hari Raya Idul fitri) di KSPPS El-Amanah Kendal. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 132503158.pdf]
Preview
Text
132503158.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS El Amanah adalah Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syari’ah yang didirikan oleh Bank Muamalat, Pinbuk dan masyarakat sebagai wujud kepedulian dan pengembangan Usaha Kecil danMenengah di Kabupaten Kendal. Dalam melaksanakan penghimpunan dan penyaluran dana KSPPS El Amanah menawarkan beberapa produk simpanan diantaranya yaitu: Simpanan El Amanah, Simpanan Sahara, Simpanan Cendekia, Simpanan Qurban Amanah, SimpananBerjangka dan Simpanan Haji Terwujud. Dan produk pembiayaannya yaitu : Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Rahn. Dalam memasarkan produk-produk tersebut kepada masyarakat KSSPS El Amanah menggunakan sistem face to face dengan brousur, silaturrahmi kepada pedagang di pasar dan silaturrahmi dengan masyarakat sekitar. Memperhatikan hal tersebut penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi Pemasaran pada Produk Sahara di KSPPS El Amanah Kendal”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran produk simpanan Sahara (simpanan hari raya idul fitri) dan untuk mengetahui Analisis SWOT pro duk Sahara pada KSPPS El Amanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan cara PKL (Magang) di obyek penelitian untuk menggali data-data yang yang relevan dan mendapatkan sumber data penelitian (primer dan sekunder). Penulis melakukan pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara kepada Bapak Kunaefi Abdillah selaku Manager KSPPS El-Amanah. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analistis.

Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Strategi pemasaran pada produk Sahara di KSPPS El Amanah, cara strateginya dengan promosi berupa brosur-brosur yang menarik dan agamis, serta sistem pemasaran (promosi) dengan sistem jemput bola. Dan strategi harganya, dalam menetapkan harga KSPPS El Amanah tidak memberatkan masyarakat dalam menjadi mitra KSPPS El Amanah yaitu dengan memilih paketan biaya paket 1 Rp. 3000,- paket 2 Rp. 5.000,- paket
3 Rp. 10.000,- paket 4 Rp. 20.000,- dalam membuka rekening sehingga simpanan sangat terjangkau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : H. Johan Arifin, S. Ag., MM.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk tabungan; Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:54
Last Modified: 13 Jan 2017 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6380

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics