Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas nasabah dalam menabung (studi kasus BPRS PNM Binama Semarang)
Izzah, Isna Aimatul (2016) Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas nasabah dalam menabung (studi kasus BPRS PNM Binama Semarang). Diploma thesis, UIN Walisongo.
132503160.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Keberhasilan dari sebuah perusahaan tidak terlepas dari kemampuan perusahaan tersebut dibidang pemasaran, terutama kebijaksanaan dan penetapan strategi pada situasi dan kondisi tertentu. Penetapan strategi ini ditentukan oleh manajer pemasaran dengan mengembangkan marketing mix dengan mengkombinasikan antara variabel produk, lokasi, harga, dan promosi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah variabel marketing mix yang terdiri dari Produk (Product), Lokasi (Place), Harga (Price), Promosi (Promotion) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menabung di BPRS PNM Binama Semarang? Dari variable tersebut manakah yang paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menabung di BPRS PNM Binama Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan apakah variabel-variabel pada marketing mix berpengaruh secara siginifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menabung di Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah PNM Binama Semarang dan untuk mengidentifikasi variable manakah diantara variable-variabel produk, tempat, harga dan promosi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap loyalitas nasabah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling random (probabilitas). Jumlah nasabah yang diambil sebagai sampel adalah 50 orang nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, koefisian determinasi dan uji asumsi klasik.
Dengan menggunakan program bantuan SPSS, diperoleh hasil sebagai berikut: Dari Hasil yang ditunjukkan pada perhitungan uji statistik t, terlihat bahwa variable produk memiliki nilai probabilitas sebesar 0,152 yang lebih besar dari tingkat kepercayaan sebesar 0,05 (0,152>0,05). Artinya variable produk tidak berpengaruh positif terhadap Loyalitas nasabah dalam menabung di BPRS PNM Binama Semarang.
Dari Hasil yang ditunjukkan pada perhitungan uji statistik t, terlihat bahwa lokasi memiliki nilai probabilitas signifikan sebesar 0,315 yang lebih besar dari tingkat kepercayaan sebesar 0,05 (0,315>0,05). Artinya variable produk tidak berpengaruh positif terhadap Loyalitas nasabah dalam menabung di BPRS PNM Binama Semarang.
Dari Hasil yang ditunjukkan padaperhitungan uji statistik t, terlihat bahwa price (harga) memiliki nilai probabilitas signifikan sebesar 0,169 yang lebih besar dari tingkat kepercayaan sebesar 0,05 (0,169>0,05). Artinya variabel price (harga) tidak berpengaruh positif terhadap Loyalitas nasabah dalam menabung di BPRS PNM Binama Semarang.
Dari hasil yang ditunjukkan pada perhitungan uji statistik t, terlihat bahwa variable promosi memiliki nilai probabilitas signifikan sebesar 0,031 yang lebih kecil dari tingkat kepercayaan sebesar 0,05 (0,031<0,05). Artinya variable promosi berpengaruh positif terhadap Loyalitas nasabah dalam menabung di BPRS PNM Binama Semarang.
Dari hasil perhitungan Uji F (Uji Simultan) diperoleh F hitung sebesar 12.313 berarti bahwa F hitung>Ftabel (2,015). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Produk, lokasi, harga, promosi terhadap Loyalitas nasabah dalam menabung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Much. Fauzi, SE., MM. |
Uncontrolled Keywords: | Marketing mix; Loyalitas nasabah; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 07:55 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 07:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6382 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year