Keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa KPI konsentrasi Penerbitan UIN Walisongo Semarang di media cetak
Damsuki, Ali (2016) Keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa KPI konsentrasi Penerbitan UIN Walisongo Semarang di media cetak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (846kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (356kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (303kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (456kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (614kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (224kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Keterampilan komunikasi tertulis merupakan kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan (message) dari komunikator (penulis) kepada komunikan (pembaca). Keterampilan komunikasi tertulis dapat diketahui dengan penggunaan tatanan dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kaidah tersebut meliputi SPOK (Subjek, Objek, Predikat, dan Keterangan) yang jelas, penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), koherensi atau kepaduan antar paragraf, pemilihan diksi dan gaya bahasa yang sesuai dengan konteks tulisan. Fokus penelitian ini adalah keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa KPI konsentrasi penerbitan UIN Walisongo Semarang di media cetak dengan subjek penelitian mahasiswa KPI konsentrasi penerbitan angkatan 2012 dan 2013 terutama kajian penulisan opini/ilmiah populer dan feature. Penelitian ini menjawab pertanyaan (1) bagaimana keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa KPI konsentrasi penerbitan UIN Walisongo Semarang di media cetak (2) faktor apa sajakah yang mempengaruhi keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa KPI konsentrasi penerbitan UIN Walisongo Semarang di media cetak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan content analysis. Tahapan dalam analisis data menggunakan kode (coding) untuk memudahkan penulis dalam mengkategorikan dan mengembangkan data yang ada yang sudah didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi tertulis mahasiswa di media cetak angkatan 2012 dalam konteks penulisan opini/ilmiah populer dan feature di surat kabar lebih memperhatikan kaidah bahasa Indonesia. Sedangkan dalam konteks penulisan opini/ilmiah populer dan feature di majalah dan buletin kurang memperhatikan kaidah bahasa Indonesia. Keterampilan komunikasi tertulis di media cetak angkatan 2013 dalam konteks penulisan opini/ilmiah populer dan feature di surat kabar kurang dalam memperhatikan kaidah bahasa Indonesia. Sedangkan dalam konteks penulisan opini/ilmiah populer dan feature di majalah dan buletin sangat bagus dan variatif dalam memperhatikan kaidah bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Hj. Siti Solihati, MA.; Maya Rini Handayani, M. Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan komunikasi; Media komunikasi; Ketrampilan menulis; Mahasiswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 652 Processes of written communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:12 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6475 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year