Model kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan pelayanan ibadah umrah pada PT An-Namira Alma Mulia Kota Semarang
Mizan, Zikral (2016) Model kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan pelayanan ibadah umrah pada PT An-Namira Alma Mulia Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (651kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (452kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (659kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (319kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (260kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (205kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (225kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
merupakan salah satu penelitian yang meneliti tentang model kepemimpinan perempuan di salah satu biro jasa perjalanan Ibadah Umrah dalam meningkatkan pelayanan, yaitu Hj. Munifah di PT An-Namira Alma Mulia Kota Semarang. Penelitian ini berusaha mengetahui (1) Bagaimana model kepemimpianan perempuan dalam meningkatkan pelayanan ibadah umrah pada PT. An-Namira Alma Mulia (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat model kepemimpinan dalam meningkatkan pelayanan ibadah umrah pada PT. An-Namira Alma Mulia.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif. Data primer yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari informasi langsung dari pimpinan PT. An-Namira Alma Mulia itu sendiri yaitu Hj. Munifah. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui arsip, dokumentasi, visi-misi, struktur organisasi, serta program kerja yang terdapat di PT. An-Namira Alma Mulia kota Semarang. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan cara, obeservasi, interview atau wawancara serta dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan metode analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, model kepemimpinan Hj. Munifah termasuk dalam katagori tipe kepemimpinan yang demokratis. Tipe kepemimpinan demokratis yang diterpakan oleh Hj. Munifah di PT. An-Namira Alma Mulia adalah dengan selalu bermusyawarah kepada pengurusnya dalam setiap pengambilan keputusan. Kepemimpinan yang diterapkan oleh Hj. Munifah terbukti efektif karena dapat dilihat dari kemajuan organisasi dan peningkatan jumlah jamaah dari setiap pemberagkatan. Adapun faktor pendukung model kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan pelayanan ibadah umrah adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berpengalaman, Faktor keluarga, Sarana dan Prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Tingkat SDM (Sumber Daya) Jamaah yang berbeda-beda, Tingkat pemahaman dan penguasaan agama yang kurang, Tingkat usia para jamaah yang bervariasi. Dalam satu rombongan kadang terdapat jamaah yang bebeda aqidah, Munculnya biro-biro jasa ibadah umrah baru sehingga peluang mendapatkan jamaah yang banyak semakin sempit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Abdul Choliq, MT., M. Ag.; Drs. H. Nurbini, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan perempuan; Manajemen Pelayanan; Bimbingan umrah; Umrah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 06:57 |
Last Modified: | 22 May 2021 13:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6495 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year