Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014
Shofa, Fatkhiyatus (2016) Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (957kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (253kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (546kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (325kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (223kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (159kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (381kB) | Preview
Abstract
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial suatu perusahaan yang indikatornya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Jakarta Islamic Indeks merupakan indeks yang terdiri dari 30 saham yang dipilih dari saham-saham yang sesuai dengan prinsip syariah Islam yang dikembangkan oleh BEJ bekerjasama dengan Danareksa Investment Management. oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menguji indikator variabel independen yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Variabel independen yang digunakan antara lain ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 48 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda yang menggambarkan hubungan antara ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yaitu pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. secara individu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Rahman El Junusi, SE., MM.; Dr. Ari Kristin Prasetyoningrum, SE., M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Islamic social reporting; Perusahaan; Profitabilitas; Tanggung jawab sosial; Saham |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 08:44 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6538 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year