Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014

Shofa, Fatkhiyatus (2016) Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (957kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (381kB) | Preview

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial suatu perusahaan yang indikatornya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Jakarta Islamic Indeks merupakan indeks yang terdiri dari 30 saham yang dipilih dari saham-saham yang sesuai dengan prinsip syariah Islam yang dikembangkan oleh BEJ bekerjasama dengan Danareksa Investment Management. oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menguji indikator variabel independen yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Variabel independen yang digunakan antara lain ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 48 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda yang menggambarkan hubungan antara ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yaitu pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. secara individu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Rahman El Junusi, SE., MM.; Dr. Ari Kristin Prasetyoningrum, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Islamic social reporting; Perusahaan; Profitabilitas; Tanggung jawab sosial; Saham
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:44
Last Modified: 04 Dec 2021 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics