Analisis strategi pemasaran produk Ar-Rahn di Pegadaian Syariah Kendal dalam perspektif ekonomi Islam

Mas’udah, Linatul (2016) Analisis strategi pemasaran produk Ar-Rahn di Pegadaian Syariah Kendal dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (981kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam situasi persaingan bisnis yang semakin ketat, setiap perusahaan dagang maupun jasa dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam rangka mengembangkan produknya. Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya menghadapi tantangan atas kejituan perusahaan itu merumuskan maksud dan tujuan bisnisnya, yaitu untuk menciptakan dan memelihara pelanggannya. Dalam upaya mencapai tujuan perusahaan tersebut, maka perlu diketahui bagaimana nilai pelanggan diciptakan oleh suatu perusahaan dan bagaimana nilai pelanggan yang baik dapat memberikan kepuasan pelanggan. Dengan upaya tersebut diharapkan loyalitas pelanggan dapat ditingkatkan dan peningkatan loyalitas pelanggan yang berkelanjutan dapat dibina melalui rencana keputusan strategik, yang dikenal dengan pemasaran strategik. Tanpa terkecuali dari perusahaan jasa yaitu salah satunya perusahaan dalam bidang keuangan. Seiring dengan perkembangan zaman, telah banyak berdiri lembaga-lembaga keuangan, diantaranya yaitu Pegadaian Syariah Kendal. Salah satu produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Kendal adalah ar-rahn. Ar-rahn adalah gadai dengan prinsip syariah yang memiliki peminat paling banyak. Maka dari itu untuk dapat tetap bertahan di antara banyaknya pesaing, Pegadaian Syariah Kendal harus mempunyai strategi dalam memasarkan produk ar-rahn.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik strategi pemasaran produk ar-rahn di Pegadaian Syariah Kendal dalam perspektif ekonomi islam. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku dari pihak yang bersangkutan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk ar-rahn di Pegadaian Syariah Kendal diantaranya berupa sosialisasi kepada masyarakat, mengenali pelanggan atau nasabah, membangun komunikasi dengan nasabah, serta memberikan pelayanan yang baik. Sedangkan praktik strategi pemasaran produk ar-rahn di Pegadaian Syariah Kendal dalam perspektif ekonomi islam menganut prinsip-prinsip yang diajarkan Rasulullah saw, yaitu prinsip Fathanah, prinsip Al-ikhsan, prinsip Amanah, prinsip Shiddiq, prinsip Al-itqan, prinsip Tabligh. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara teori dan praktik strategi pemasaran produk ar-rahn yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Kendal yaitu jujur, amanah, tidak mengandung unsur riba dan penipuan atau kecurangan. Selain itu Pegadaian Syariah Kendal juga telah menerapkan sistem pelayanan yang sesuai dengan Fatwa DSN MUI no.25 tentang Rahn. Hal ini dibuktikan dangan adanya kesesuaian antara aturan yang ada dengan praktik di Pegadaian Syariah Kendal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Rahn; Pegadaian syariah; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Mar 2017 06:04
Last Modified: 09 Dec 2021 10:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics