Analisis peran account officer dalam menangani pembiayaan bermasalah pada PT. BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan
Islamiyah, Muflikhatul (2016) Analisis peran account officer dalam menangani pembiayaan bermasalah pada PT. BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (660kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (240kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (307kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (280kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (102kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (598kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pada dasarnya seorang Account Officer merupakan ujung tombak bank dalam memasarkan produknya, oleh karena itu seorang Account Officer harus memiliki kecakapan menjual (salesmanship) yang memadai untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Di samping itu, peranan dan fungsi seorang Account Officer adalah melakukan pemantauan atas pembiayaan yang di berikan kepada nasabah agar nasabah tersebut memenuhi komitmen atas pembiayaannya.
Rumusan masalah penelitian ini adalah mengenai bagaimana Analisis peranAccount Officer dalam menangani pembiayaan bermasalah pada PT. BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranAccount Officer dalam menangani pembiayaan bermasalah pada PT. BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan, karena pada setiap bank pembiayaan bermasalah itu pasti ada dan harus di selesaikan sesuai standar operasional bank tersebut.
Informan dari penelitian ini adalah Direktur PT. BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan dan para Account Officer. Data ini menggunakan data primer yang di peroleh dari responden melalui tekhnik wawancara kepada informan, serta data sekunder yang diperoleh dari laoporan-laporan dan data yang dikeluarkan oleh PT. BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. Dan dianggap mampu menjabarkan isi dari penelitian ini kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang menggambarkan dan menjabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.
Berdasarkan penelitian dapat diketahu bahwa (1) peran Account Officer adalah mengelola account, mengelola produk, mengelola kredit, mengelola penjualan, mengelola profitability. Pada prakteknya , seorang Account Officer di bebankan untuk bertanggung jawab atas nasabah sampai lunas. (2) PeranAccount Officer dalam menangani pembiayaan bermasalah a. Melakukan rescheduling yaitu perubahan syarat pembayaran yang menyangkut jadwal pembayaran dengan mengatur kembali cara mengangsur besar kecilnya angsuran suapaya nasabah mampu mengangsur dengan lancar. b. Reconditiong memperkecil margin atau bagi hasil. c. Penyelesaian melalui agunan yaitu mulai di cari agunannya. d. Write Off (penghapus bukuan)
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Account officer; Kepemimpinan; Pembiayaan bermasalah |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 06:05 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 10:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6545 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year