Peningkatan hasil belajar Biologi materi pokok ekosistem dengan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MA Al Hadi Girikusuma tahun pelajaran 2014/2015
Ma’arif, Samsul (2016) Peningkatan hasil belajar Biologi materi pokok ekosistem dengan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MA Al Hadi Girikusuma tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (509kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (177kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (607kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (416kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (99kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Biologi merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru Biologi, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok ekosistem di MA AL HADI Girikusuma.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas X MA AL HADI Girikusuma, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas X 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi ekosistem di MA AL HADI Girikusuma. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 65,47 dengan ketuntasan klasikal 72%, pada siklus I meningkat menjadi 71,56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 76,72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:06 |
Last Modified: | 20 May 2021 04:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6593 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year