Pengaruh Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MI di Kecamatan Gebog
Wulandari, Sri (2012) Pengaruh Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MI di Kecamatan Gebog. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Wulandari_Tesisi_Sinopsis.pdf - Accepted Version
Download (375kB) | Preview
Wulandari_Tesisi_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
Wulandari_Tesisi_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
Wulandari_Tesis_Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelediki hubungan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Gebog. Dalam penelitian ini diajukan 3 (tiga) hipotesis, yaitu terdapat hubungan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru, terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dan terdapat hubungan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) dengan kinerja guru.
Sebanyak 40 guru dipilih dari 226 guru sebagai sampel random menjadi sampel penelitian ini. Untuk membantu proses pengumpulan data telah digunakan alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) persamaan Y’ = a + bX adalah Y’ = 14.897 + 0.730 X1. Sementara nilai F = 32.147, karena itu hipotesis nol (Ho) di tolak, dengan hipotesis (Ha) diterima, pada a = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru. Artinya setiap terjadi variasi yang kearah positif (naik) dari persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah, akan menyebabkan kenaikan (positif) pada kinerja guru. (2) Persamaan Y’ = a + bX adalah Y’ = 31.597 + 0.754 X2. Sementara nilai F = 60.549, karena itu hipotesis nol (Ho) di tolak, dengan hipotesis (Ha) diterima, pada a = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapay hubungan positif yang signifikan antara motivasi kerja dan kinerja guru. Artinya, setiap terjadi variasi yang kearah positif (naik) dari motivasi kerja, akan menyebabkan kenaikan (positif) pada kinerja guru. (3) Analisis regresi ganda dengan persamaan Y’ = α + b1X1 + b2X2 adalah Y’ = -2.213 + 0.417X1 + 0.573 X2. Sementara nilai F = 49.658, karena itu hipotesis nol (Ho) di tolak, dengan hipotesis (Ha) diterima, pada a = 0.05. Artinya, untuk kenaikan satu unit satuan persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan motivasi kerja (X2) akan diikuti kenaikan kinerja guru (Y) sebesar 0.417 pada variabel persepsi tentang kepemimpinan kepla madrasah (X1) dan 0.573 pada variabel motivasi kerja (X2) pada bilangan konstan -2.213. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru.
Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan, kedua variabel (persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja) saling berinteraksi dan mempengaruhi pada variabel kinerja guru. Oleh karena itu, persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja sangat diperlukan perhatian khusus, sebagai upaya peningkatan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah; Motivasi Kerja; Kinerja Guru; Leadership of Madrasah Headmaster; Work Motivation; Teacher Performance |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 18 Sep 2013 03:00 |
Last Modified: | 18 Sep 2013 03:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/66 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year