Korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan akhlak kepada orang tua peserta didik kelas VI di MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang tahun ajaran 2016/2017

Lubna, Ichda Milla (2016) Korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan akhlak kepada orang tua peserta didik kelas VI di MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak dengan akhlak kepada orang tua. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perbedaan prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik yang berhubungan dengan akhlak kepada orang tua. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak dengan akhlak kepada orang tua peserta didik kelas VI MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2016/2017? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak sedangkan variabel terikatnya adalah akhlak kepada orang tua. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memeroleh data akhlak kepada orang tua. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus korelasi.
Kajain ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil rata-rata prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak diketahui nilainya 53 terletak pada interval 51-55, hal ini berarti pretasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas VI MI Miftahul Akhlaqiyah adalah “cukup”. (2) Sedangkan perhitungan rata-rata akhlak kepada orang tua nilainya sebesar 87,74 terletak pada interval 87-89 , hal ini berarti akhlak kepada orang tua peserta didik kelas VI MI Miftahul Akhlaqiyah adalah “cukup”. (3) Setelah menghitung rhitung atau nilai hubungan, maka dikonsultasikan dengan rtabel dengan N= 57 untuk taraf signifikan 5% dan 1%. Dalam taraf signifikan 5% dengan hasil: rhitung : 0,613 dan rtabel : 0,374 sedangkan taraf signifikan 1% dengan hasil: rhitung : 0,613 dan rtabel : 0,478 berarti rhitung > rtabel pada taraf siginifikan 5% dan 1% , sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ruswan, MA.; Drs. H. Achmad Sudja’i, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Akhlak terhadap orang tua; Aqidah akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:33
Last Modified: 25 Mar 2017 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics